Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Kisaran
Berita DJKN

Komitmen Seluruh Pihak Kunci Kesuksesan Pengendalian Gratifikasi

Kamis, 11 Februari 2021   |   64 kali

Kisaran - “Bantu kami dalam menegakkan integritas dengan turut berperan aktif untuk tidak memberikan pemberian dalam bentuk apapun kepada jajaran KPKNL Kisaran terkait tusi yang diberikan. Karena kami meyakini bahwasanya praktek gratifikasi bisa terjadi jika ada niat dan ataupun kesempatan. Kami telah menyingsingkan lengan baju untuk melawan praktek gratifikasi, inilah niat kami. Namun demikian, kami juga perlu dukungan Bapak Ibu semua untuk tidak menciptakan kesempatan atas potensi terjadinya transaksional gratifikasi” demikian harapan yang disampaikan Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Budi Hardiansyah, mewakili Kepala KPKNL Kisaran dalam kegiatan edukasi dan sosialisasi pengendalian gratifikasi yang dilaksanakan secara marathon pada Rabu (10/2) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan, Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Asahan, Kantor Bank Sumatera Utara Cabang Kisaran, dan Kantor BRI Cabang Kisaran.

Pria lulusan Magister Hukum Universitas Sumatera Utara ini menambahkan bahwa jika terdapat pelayanan dari jajaran KPKNL Kisaran yang tidak sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) dan atau pungutan liar, pihak KPKNL Kisaran mempersilahkan para stakeholder untuk melaporkan hal tersebut kepada Unit Kepatuhan Internal KPKNL Kisaran untuk ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku. Hal tersebut tidak berlebihan dikarenakan masukan dan atau laporan dari stakeholder sangat bermanfaat bagi Kemenkeu cq. DJKN cq. KPKNL Kisaran untuk memperbaiki dan meningkatkan proses bisnis layanan dan membersihkan institusi dari tindakan-tindakan yang melanggar kode etik serta perbuatan yang berindikasi fraud.

Pihak Kemenag Kabupaten Asahan yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha, Samin Sagala menyampaikan apresiasi atas layanan dan kerja sama yang telah terjalin selama ini, serta menyambut baik edukasi yang diberikan oleh KPKNL Kisaran. Di tempat berbeda, hal tersebut juga diamini oleh Kasubbag Tata Usaha Badan Pusat Statistik, Ruslan Abdi. Pria yang dalam kesehariannya berkecimpung dengan deretan angka statistic tersebut mengungkapkan bahwa selama ini seluruh layanan yang diberikan oleh KPKNL Kisaran sangat memuaskan dan tidak pernah terjadi pemungutan biaya di luar ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya dalam edukasi yang dilaksanakan di Bank Sumut Cabang Kisaran dan Bank BRI Cabang Kisaran, kedua perwakilan perbankan tersebut juga mengungkapkan bahwa layanan yang diberikan oleh jajaran KPKNL Kisaran sangat memuaskan. Jajaran KPKNL Kisaran, diungkap oleh kedua perwakilan tersebut, sangat membantu khususnya dalam proses bisnis lelang, mulai dari permohonan lelang sampai dengan pasca lelang. Selain itu kedua pihak perbankan tersebut juga menyatakan bahwa jajaran KPKNL Kisaran tidak pernah memungut biaya di luar ketentuan yang berlaku.

Dalam closing statement-nya, Kepala Seksi Kepatuhan Internal menyampaikan bahwa pengendalian gratifikasi yang dilaksanakan secara holistik di Kementerian Keuangan selain menjadi upaya untuk menegakkan integritas, birokrasi bersih dan melayani, juga merupakan upaya Kementerian Keuangan untuk menebarkan senyuman kepada seluruh stakeholder yang dilayani. “Jika Bapak dan Ibu keluar dari kantor kami dengan senyum tersungging, kamipun ikut larut dalam kebahagiaan. Kepuasan Bapak Ibu sekalian juga merupakan kepuasan kami, karena dengan senyuman Bapak Ibu, berarti seluruh layanan yang kami berikan telah Bapak Ibu hargai, dan itu merupakan anugerah terindah bagi kami dalam memberikan pelayanan” pungkas pria murah senyum tersebut. Mari wujudkan birokrasi yang bersih dan melayani, tanpa gratifikasi-stakeholder puas terlayani. (Foto/Narasi: Hana Velicia Munthe/Mahmud Ashari)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prof. Moh. Yamin, SH No. 47 Kisaran - 21224
(0623) 41660
(0623) 42520
kpknlkisaran@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |