Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
FGD Kanwil DJKN Sumatera Utara Tahun 2020: Ajang Diskusi dan Silaturahmi untuk Merumuskan Solusi yang Konstruktif dan Kontributif
Mahmud Ashari
Jum'at, 14 Februari 2020   |   195 kali

Kisaran – Dalam rangka mencapai seluruh target yang telah ditetapkan untuk periode tahun 2020 di lingkup Kantor Wilayah DJKN Sumatera Utara, pada tanggal 13 Februari 2020, Kanwil DJKN Sumatera Utara menginisiasi kegiatan Focus Group Discussion bertempat di KPKNL Kisaran. Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi suatu group yang fokus terhadap suatu masalah tertentu ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah strategis guna mencapai seluruh target yang ditetapkan di tahun 2020 serta isu-isu terkini terkait Sasaran Strategis di Kementerian Keuangan, khususnya di lingkup Kanwil DJKN Sumut.

Kegiatan yang dihadiri seluruh Kepala Bidang Kanwil DJKN Sumatera Utara, Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Sumatera Utara, Kepala KPKNL Kisaran, Kepala KPKNL Medan, Kepala KPKNL Pematangsiantar, Kepala KPKNL Padangsidempuan dan perwakilan pejabat eselon IV, Pejabat Fungsional Lelang, serta perwakilan jajaran masing-masing unit tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, Tedy Syandriadi.

Sebelum Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara membuka acara FGD, Kepala KPKNL Kisaran, Untung Sudarwanto menyampaikan sambutan dan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta FGD. Dalam sambutannya, alumni Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta ini, mengharapkan agar acara FGD ini selain menghasilkan output yang solutif, konstruktif, dan kontributif juga bisa menjadi arena silaturahim sekaligus knowledge sharing bagi seluruh jajaran di lingkup Kanwil DJKN Sumatera Utara.

Setelah sambutan dari Kepala KPKNL Kisaran, sesi acara dilanjutkan dengan pengarahan dari Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara sekaligus pembukaan secara resmi kegiatan FGD. Dalam arahannya, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara menekankan bahwa tantangan di tahun 2020 akan semakin berat. Isu-isu global yang mendera dunia seperti isu virus Corona dan ketidakpastian pertumbuhan ekonomi dunia disinyalir akan berimbas pada kondisi perekonomian domestik.

Namun demikian, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara menegaskan kepada seluruh jajarannya agar tetap menghadapinya dengan rasa optimis. Guna mengidentifikasi dan memitigasi persoalan-persoalan yang kemungkinan akan dihadapi di tahun 2020, maka kegiatan FGD perlu diinisiasi untuk mencari solusi yang konstruktif dan kontributif. Selain itu, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara menambahkan agar intensitas komunikasi antara kantor pelayanan dengan Kanwil DJKN Sumatera Utara lebih ditingkatkan agar kendala-kendala yang dihadapi dapat segera dicarikan pemecahan yang efektif dan efisien.

Agar menghasilkan output yang tajam, solutif, dan komprehensif, peserta FGD dibagi menjadi tiga komisi yang terdiri dari Komisi Bidang Piutang Negara, Lelang dan Hukum; Komisi Bidang PKN dan Penilaian; dan Komisi Bagian Umum, Kepatuhan Internal, dan Informasi. Setiap komisi melaksanakan diskusi secara intensif dengan mengangkat permasalahan dan kendala yang selama ini dihadapi untuk selanjutnya dirumuskan usulan solusi dan rekomendasi. Selain itu, setiap komisi juga membahas ide-ide dan usulan-usulan inovatif dalam rangka pencapaian target IKU Kanwil DJKN Sumatera Utara maupun Sasaran Strategis Kemenkeu Wide.

Setelah seluruh komisi merumuskan rekomendasi atas isu-isu yang diangkat, hasil rumusan dibawa ke sidang pleno yang dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB. Dalam sidang pleno yang juga dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara, setiap pimpinan komisi memaparkan rumusan rekomendasi untuk ditindaklanjuti maupun dieskalasi ke kantor pusat DJKN. Kepala Kanwil DJKN Sumatera Utara menutup sidang pleno dengan harapan agar masing-masing Kepala Bidang dan Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Sumatera Utara segera menyusun rangkuman atas rekomendasi-rekomendasi tersebut, untuk selanjutnya didistribusikan ke kantor pelayanan serta Kantor Pusat DJKN agar dapat segera diimplementasikan secara komprehensif, sehingga kontribusi yang diberikan pada pengelolaan asset negara menjadi lebih optimal dan pencapaian seluruh target menjadi lebih maksimal. (Mahmud Ashari/Dimas Aulia Tanaya)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini