Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kisaran > Berita
KPKNL Kisaran Menetapkan 17 Risiko di Tahun 2019
Budi Hardiansyah
Jum'at, 18 Januari 2019   |   584 kali

Kisaran Salah satu proses manajemen risiko di lingkungan Kementerian Keuangan dilaksanakan melalui tahapan komunikasi dan konsultasi. Hal tersebut dilakukan oleh Unit Pemilik Risiko Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kisaran dengan menggelar rapat Penyusunan Profil Risiko tahun 2019 di ruang rapat KPKNL Kisaran (16/1/2019). Rapat yang diinisiasi Seksi Kepatuhan Internal selaku Pelaksana harian Koordinator Risiko dan Pengelola ini dipimpin langsung oleh Kepala KPKNL Kisaran sekaligus Pemilik risiko Untung Sudarwanto dengan dihadiri para Kepala Seksi/Kepala Subbagian Umum selaku Koordinator Risiko beserta pelaksana yang ditunjuk.


“Melalui rapat ini diharapkan tercipta frame yang sama antara pemilik risiko dan para koordinator risiko dalam menerapkan Manajemen Risiko di lingkungan KPKNL Kisaran,” ungkap Untung Sudarwanto. Lebih lanjut, pria asal Solo ini menjelaskan tujuan manajemen risiko di KPKNL Kisaran untuk memetakan gangguan-gangguan yang dapat menghambat tujuan yang dituangkan dalam sasaran strategis yang telah ditetapkan pada KPKNL Kisaran.


Dalam kesempatan ini, dilaksanakan juga In House Training (IHT) Manajemen Risiko yang dilakukan secara simultan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal (KI) Budi Hardiansyah dan pelaksana Seksi KI Diyara Eninta Sitepu. “Penerapan manajemen risiko bukan hanya menjadi tanggung jawab seksi KI, melainkan tanggung jawab seluruh punggawa KPKNL Kisaran,” urai Budi. Dengan IHT Manajemen Risiko diharapkan awareness dan pemahaman para pegawai KPKNL Kisaran terkait manajemen risiko dapat meningkat.


Pemilik risiko dan para koordinator risiko sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini terlihat dengan diskusi yang dinamis untuk menentukan risiko, level risiko dan risiko kunci serta langkah penanganan untuk menurunkan dampak risiko. Dalam rapat ini telah berhasil ditetapkan 17 risiko dengan 2 risiko kunci. “Walau dengan keterbatasan sumber daya yang ada namun kita memiliki semangat yang tinggi dalam mengelola risiko. Saya optimis kinerja KPKNL Kisaran di tahun 2019 akan lebih baik lagi,” kata Untung di sela-sela diskusi.

 

Di akhir acara, Untung berharap agar segenap jajaran KPNL Kisaran dalam melakukan mitigasi risiko agar tetap berpedoman pada ketentuan dan aturan yang ada serta didokumentasikan dengan baik. “Saya minta kepada Seksi KI dapat mengagendakan kegiatan ini secara berkala, sehingga kita dapat mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan dalam meraih target yang ditetapkan,” tutupnya. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini