Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
Kontribusi KPKNL Kendari dalam Dunia Pendidikan Sulawesi Tenggara
Ziha Rahmani
Selasa, 29 November 2022   |   73 kali

Kendari - Kamis (24/11) KPKNL Kendari yang diwakili oleh Marwan Amdar Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara menghadiri kegiatan Learning Hub yang diselenggarakan oleh  program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari dalam rangka Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari Amir Mahmud, Amir menyampaikan bahwa dengan adanya pertemuan antara pihak kampus dengan Pemerintah Daerah/Nasional, asosiasi profesi, dan asosiasi pengusaha diharapkan akan memberikan masukan serta gambaran yang lebih luas bagi Kampus Universitas Muhammadiyah Kendari untuk mempersiapkan para lulusannya menghadapi dunia pekerjaan.


KPKNL Kendari mendukung sepenuhnya Universitas Muhammadiyah Kendari untuk mengikuti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulawesi Tenggara. Marwan menyampaikan bahwa sedikit besar kita memiliki gambaran terkait ruang lingkup dunia pekerjaan yang akan dihadapi oleh para lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari ini, yang salah satunya bekerja di bidang keuangan, termasuk menjadi Aparatur Sipil Negara baik Pemerintahan Pusat maupun Pemerintah Daerah. Marwan juga menjelaskan terkait tugas dan fungsi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang yang salah satunya terkait pengelolaan kekayaan negara, sehingga pihak kampus mendapatkan gambaran terkait soft skill dan hard skill yang perlu dimiliki oleh para mahasiswa. 


Selaku perwakilan dari Pemerintahan, KPKNL Kendari memberikan masukan atas kurikulum perkuliahan agar para mahasiswa lebih siap. Meskipun minim pengalaman, tapi kegiatan belajar di kampus diharapkan dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Hal yang perlu dipersiapkan diantaranya tidak hanya memberikan materi perkuliahan secara pasif, namun mahasiswa juga diharuskan memiliki soft skill salah satunya adalah analytical thinking. Agar mahasiswa dapat mengakselerasi kemampuan dalam penyelesaian masalah dengan mengolah  informasi yang dikumpulkan untuk menentukan solusi yang tepat dan kreatif, dengan cara mendukung mahasiswa untuk memperbanyak studi lapangan, memperbanyak praktikum, dan simulasi. Tentunya selain kemampuan dalam menggunakan aplikasi aplikasi yang perlu menjadi bekal karena hal tersebut sudah sangat lumrah untuk kita yang berada di era digitalisasi.


Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WITA ini berlangsung selama 3 (tiga) jam dan diakhiri dengan penandatanganan MOU dari beberapa pihak yang turut mendukung program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Muhammadiyah Kendari untuk mengikuti program kompetisi kampus merdeka (PPKM). Diharapkan para alumni dari Universitas Muhammadiyah Kendari dapat tumbuh menjadi katalisator perbaikan di Sulawesi Tenggara. (Seksi Hukum dan Informasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini