Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
Focus Group Discussion “Pemulihan Ekonomi Berlanjut, Kebijakan Fiskal Tetap Diperkuat”
Ziha Rahmani
Kamis, 25 Februari 2021   |   321 kali

Senin (22/02), KPKNL Kendari Melaksanakan Focus Group Discussion dengan tema “Pemulihan Ekonomi Berlanjut, Kebijakan Fiskal Tetap Diperkuat” oleh Adi Suharna Kepala KPKNL Kendari selaku Pejabat Administrator. Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan setiap triwulan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan komunikasi internal dan menyelaraskan pemahaman persepsi seluruh pegawai terhadap arahan dan/atau kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan. Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan di Aula KPKNL Kendari dan dihadiri oleh seluruh pegawai.

 

Dalam kesempatan ini Adi Suharna menyempaikan bahwa Dampak yang besar dari Pandemi Covid-19 memberikan disrupsi yang luar biasa pada berbagai aspek kesehatan, sosial ekonomi, dan keuangan. Sehingga pemerintah merespon dengan menerbitkan peraturan, perubahan APBN dan penyediaan stimulus untuk dapat mengatasi COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Pada tahun 2020, APBN menopang perekonomian melalui konsumsi pemerintah, konsumsi rumah tangga, dan investasi publik. Tingkat kepercayaan masyarakat dalam beraktivitas semakin membaik, terlihat dari Aktivitas rumah tangga yang menunjukan arah perbaikan,  Namun Penanganan pandemi dan vaksinasi masyarakat akan tetap menjadi prioritas pemerintah. Adanya Program Perlindungan Sosial (Perlinsos) 2020 dieskalasi untuk mitigasi dampak Negatif untuk kelompok 50% termiskin, serta bantuan upah, kartu prakerja dan subsidi kuora internet untuk penduduk kelas menengah yang terdampak.

 

Pada tahun 2021 yang menjadi fokus pemerintah adalah terus melakukan penguatan langkah dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi. Hal ini tercermin dalam berbagai kebijakan prioritas yang akan terus berlanjut seperti vaksinasi massal, penguatan 3M (Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga Jarak) dan 3T (testing, tracing, dan treatment) serta penguatan program Pemulihan Ekonomi Nasional. Pemerintah optimis (meski tetap waspada) pandemi dapat dikendalikan dan aktivitas sosial ekonomi terus berangsur pulih. Program vaksinasi yang mulai berjalan, menjadi faktor positif dalam menekan penularan dan mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk beraktivitas. KPKNL Kendari sendiri, berencana untuk melaksanakan vaksinasi di fasilitas kesehatan daerah setempat.


Kegiatan FGD pun diakhiri dengan harapan sesuai dengan salah satu maksud dan tujuan FGD itu sendiri yaitu untuk meningkatkan kinerja organisasi dan individu di setiap unit kerja. Sehingga turut disampaikan terkait arahan terbaru agar setiap pegawai dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. (Seksi HI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini