Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
Sinergi KPKNL Kendari dan Kanwil BPN Sultra Demi Ciptakan Pelayanan Lelang yang Maksimal
Yulia Yusmita
Senin, 31 Agustus 2020   |   248 kali

Dalam rangka meningkatkan pelayanan lelang dan menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK), KPKNL Kendari menggelar acara sharing session penggunaan aplikasi e-SKPT (Surat Keterangan Pendaftaran Tanah) dengan menghadirkan narasumber dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Sulawesi Tenggara (BPN Sultra) dan diikuti oleh seluruh Pelelang dan Pejabat Lelang KPKNL Kendari dengan menerapkan protokol kesehatan pada Jumat (28/08) di Aula KPKNL Kendari.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Kendari, Suci Wulandari. Dalam sambutannya Suci menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan sinergi antara Kanwil BPN Sultra dan KPKNL Kendari yang terjalin dengan baik selama ini. Ia juga berterima kasih atas waktu yang diluangkan oleh pihak Kanwil BPN Sultra untuk berbagi pengetahuan dengan KPKNL Kendari terkait aplikasi e-SKPT.

SKPT diperlukan sebagai salah satu kelengkapan dokumen pada lelang barang tidak bergerak sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 1997 pasal 41 tentang Pendaftaran Tanah yang harus dimohonkan oleh Kepala Kantor Lelang yang saat ini sudah mulai menggunakan aplikasi e-SKPT sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2017 tentang Layanan Informasi Pertanahan Secara Elektronik.

Pihak Kanwil BPN Sultra menyampaikan pemaparan yang sangat rinci dan jelas terkait e-SKPT dan juga akun mitra KPKNL Kendari pada website mitra.atrbpn.go.id dan htel.atrbpn.go.id.  Dalam kesempatan ini juga dilakukan diskusi dan tanya jawab terkait permasalan dan kendala yang terjadi di lapangan dan juga terkait pencatatan hak tanggungan peringkat pertama, pencatatan blokir internal dan blokir pidana serta pencatatan atas sita pajak. Diskusi juga meluas terkait sertifikat tanah yang mengalami pemekaran, dikarenakan wilayah Sulawesi Tenggara banyak mengalami pemekaran wilayah sehingga berdampak atas perubahan beberapa sertifikat tanah yang telah dilakukan pengikatan hak tanggungan.

Dengan adanya acara ini diharapkan KPKNL Kendari dan Kanwil BPN Sultra dapat lebih bersinergi sehingga mampu memberikan pelayanan yang lebih maksimal bagi para stakeholder sesuai dengan slogan KPKNL Kendari Melulo “Melayani dengan Lugas Penuh Loyalitas”. (Teks/Foto: Seksi Lelang, Editor: Seksi HI)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini