Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Kendari > Berita
Sosialisasi Pengelolaan BMN Melalui Aplikasi SIMAN
Yulia Yusmita
Selasa, 02 Mei 2017   |   732 kali

Kendari – Dalam rangka persiapan menghadapi rekonsiliasi Barang Milik Negara (BMN) Semester I tahun anggaran 2017, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Kendari menggelar acara Sosialisasi Pengelolaan BMN Me lalui Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) pada hari Kamis tanggal 27 April 2017.

Sebanyak 209 (dua ratus Sembilan) satker yang merupakan petugas operator aplikasi SIMAN hadir memadati Ballroom Swissbell Hotel Kendari. Peserta mulai berdatangan sejak pukul 08.10 WITA dan tepat pada pukul 09.00 WITA acara resmi dibuka oleh Kepala KPKNL Kendari Mohamad Lukman Saleh.

“Pentingnya menjaga asset Negara adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama, oleh karena itu kami mengharapkan pada Bapak/Ibu sekalian agar tetap menjaga tertib administrasi pengelolaan BMN” tutur Mohamad Lukman Saleh membuka kegiatan sosilasasi. Lebih lanjut, Lukman menyampaikan,  pada acara sosialisasi ini satker berkesempatan untuk mengupdate fitur-fitur terbaru yang ada pada aplikasi SIMAN agar dapat mendukung pekerjaan terkait pengelolaan BMN yang ada di unit mereka masing-masing, selain itu satker bisa menyampaikan keluhan ataupun hambatan yang dihadapi saat penggunaan aplikasi SIMAN.

Fitur pada aplikasi SIMAN yang harus diupdate oleh satker diantaranya adalah Plugin Pemutakhiran Data untuk Rekonsiliasi BMN versi 3.1.7​ (perbaikan cetakan BAR, penambahan akun amortisasi), Plugin Perencanaan BMN versi 3.1.7 (untuk penyusunan RKBMN 2018; penambahan analisis pada E1, KL, dan APIP; penambahan fitur reviu pada APIP; perbaikan pada cetakan RKBMN; perbaikan pada menu Analisis; edit usulan setelah Reviu APIP; pengembalian tiket satker setelah Reviu APIP), Plugin Wasdal (Perekaman SK) versi 3.1.7 (penyesuaian laporan Wasdal sesuai PMK 52/2016, penyesuaian tanggal kirim laporan, perbaikan cetakan laporan, perbaikan tindak lanjut hibah) dan Plugin Master Aset versi 3.1.1 (tampilan data aset per 100 item).

Setelah acara pembukaan oleh Kepala KPKNL Kendari, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai kebijakan pengelolaan BMN oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Ketut Suprapto, diteruskan dengan materi aplikasi SIMAN yang disampaikan oleh Tri Zulhijah Juliana dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Kendari.

Selain membahas terkait penggunaan aplikasi SIMAN, peserta sosialisasi juga mendapatkan informasi mengenai penyusunan laporan tahunan pengawasan dan pengendalian BMN TA 2016 sesuai dengan arahan Dirjen Kekayaan Negara. (Teks/Foto: Yulia/Brilly) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini