Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
KPKNL Jember Sinergi Pemkab Situbondo : Pengelolaan Barang Milik Daerah
Dedy Sasongko
Kamis, 17 November 2022   |   256 kali

Jember, (12/11), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember sebagai narasumber dalam acara Implementasi LHP BPK RI TA. 2021 & MCP KPKN TA. 2022 Terhadap Pengelolaan Barang Milik Daerah Kabupaten Situbondo Tahun 2022. Acara yang diselenggarakan  oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo  bertempat di Aula Lantai II Hotel Meotel Jember yang  dihadiri oleh para pejabat dan pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo.

Dalam kegiatan ini, KPKNL Jember  sebagai narasumber dengan materi penilaian aset negara/daerah, pengelolaan aset negara/daerah dan mengenai lelang penghapusan. Fungsional Penilai Muda,  I Ketut Sujana menyampaikan materi konsep dasar penilaian yang secara detail dibahas mengenai pengertian dan peran  dalam pengelolaan aset dan faktor - faktor yang mempengaruhi nilai suatu objek penilaian.  Selanjutnya Ketut juga menjelaskan hal-hal teknis dalam pelaksanaan penilaian seperti tata cara melakukan permohonan penilaian, melaksanakan penilaian, pengumpulan data dan informasi serta metode pendekatan penilaian yang dipilih untuk menentukan nilai suatu objek.

Selanjutnya pemaparan materi oleh Shoim Rachmanto, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara menjelaskan implementasi aplikasi penunjang kegiatan inventarisasi seperti perbandingan aplikasi SAKTI dengan aplikasi Eksisting (RKAKL DIPA, SAS, SIMAK BMN, SILABI, PERSEDIAAN, dan SAIBA) dan penerapan Sensus BMN dengan SIMAN Mobile. Shoim serta siklus Pengelolaan Barang Milik Negara dan langkah-langkah inventarisasi serta tindak lanjut hasil inventarisasi.

Narasumber pada sesi terakhir, Pandu Adi Anindito, Fungsional Pelelang Pertama menyampaikan Pengertian dan Jenis Lelang, Dasar Hukum Lelang, Tata Cara Penyelengaraan Lelang, Dokumen Persyaratan Lelang, Ketentuan Jaminan Penawaran Lelang, Ketentuan Nilai Limit, Aturan Pengumuman Lelang, Jenis Penawaran Lelang serta Ketentuan Pembayaran dan Penyetoran. (Humas KPKNL Jember)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini