Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
Serah Terima BMN Idle dari KPKNL Jember kepada Kementerian Keuangan
Grace Teguh Kinanti
Senin, 08 Juli 2019   |   321 kali

Surabaya–  Jumat, 5 Juli 2019 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember  beserta Kantor Pelayanan Bea Cukai Jember mengadakan Acara Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara yang sudah tidak digunakan untuk kepentingan penyelenggaraan tugas dan fungsi Kementerian/ Lembaga (Idle).

Acara yang diadakan di Kantor wilayah DJKN jatim di Surabaya ini merupakan bentuk sinergi KPKNL Jember dan KP Bea Cukai Jember dalam rangka pengendalian dan penatausahaan atas BMN Idle sebagai amanah dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 71/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pengelolaan BMN yang Tidak Digunakan untuk Menyelenggarakan Tugas dan Fungsi Kementerian/Lembaga.

Acara dibuka oleh Kakanwil DJKN Jatim, Etto Sunaryanto, yang menerangkan bahwa penyerahan BMN Idle ini akan membantu didalam efektivitas dan optimalisasi penggunaan BMN pada K/L dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga sangat membantu Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dalam mewujudkan tugas dan fungsinya sebagai asset manager dengan menjadi pengelola aset negara yang dapat memanfaatkan aset Negara dengan efektif dan efisien.

Penyerahan BMN Idle ini membuat Negara mampu melakukan penghematan pengadaan BMN baru karena bertepatan dengan penyerahan BMN Idle  ke KP Bea Cukai Jember. Setelah dilakukan penandatanganan Berita Acara Serah Terima ini, maka tanggung jawab pengelolaan dan penatausahaan BMN Idle ini akan beralih ke KP Bea Cukai Jember yang rencananya akan dugunakan sebagai mess/rumah dinas

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima dan Penyerahan Asli Sertipikat BMN Idle yang dilakukan oleh Kepala KPKNL Jember dengan Kepala Biro Manajemen BMN dan Pengadaan, Edy Gunawan yang nantinya akan diserahkan ke KP Bea Cukai Jemberr dan Kepala KPKNL Metro. BMN yang telah dinyatakan Idle tersebut adalah 2 bidang tanah yang terdiri dari bangunan kantor seluas 1.077 m2.dan 2 rumah dinas dengan luas 140 m2 yang tersebut dalam SHP No.12 dan SHP No.13/Desa sumbersari.

Sebelum dilakukan serah terima, KPKNL Jember dengan KP Bea Cukai Jember  melakukan  peninjauan lapangan tempat BMN Idle . Disela-sela peninjauan lapangan, kedua belah pihak saling berdiskusi mulai dari sejarah BMN Idle tersebut berdiri sampai dengan Pengelolaan Barang . Dengan adanya acara ini, silaturahim antara kedua belah pihak dapat terjalin dengan baik dna optimal dalam pemanfaatan aset bmn idlle.

(Text/Foto: Yuniantoro Sudrajad)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini