Kamis,
21 Februari 2019, KPKNL Jember mendapatkan pengarahan dari Kepala Kanwil DJKN
Jawa Timur, Etto Sunaryanto, terkait dengan pencanangan pembangunan Zona
Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Berokrasi Bersih
Melayani (WBK/WBBM) pada tahun 2019. Arahan tersebut dilaksanakan pada pukul 14.00
WIB di aula lantai 2 KPKNL Jember, diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Jember.
Kegiatan tersebut sehubungan dengan ditetapkannya KPKNL Jember sebagai salah
satu unit vertikal di Lingkungan DJKN untuk mendapatkan predikat WBK/WBBM pada
tahun 2019.
Acara
dibuka oleh Kepala KPKNL Jember, Prijo Wibowo. Pada kesempatan tersebut, Prijo
memaparkan persiapan dan agenda yang telah dilakukan oleh KPKNL Jember kepada
Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur. Prijo juga menyampaikan telah dibentuk 6 tim
yang memiliki tugas masing-masing dalam pencanangan pembangunan ZI di KPKNL
Jember.
Selanjutnya
Etto memberikan pengarahan terkait pencanangan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM
KPKNL Jember tahun 2019. Etto mengajak pegawai KPKNL jember untuk bekerja
dengan maksimal, bukan hanya pada acara pencanangan pembangunan ZI di KPKNL Jember
saja, tapi juga untuk kedepannya. Selain itu, hal-hal yang penting adalah
perlunya melakukan inovasi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat dan
harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
“Salah
satu hal yang banyak menuai pengaduan adalah terkait masalah lelang. Diharapkan
hal tersebut tidak terjadi di KPKNL Jember,” ungkap Etto kembali menegaskan hal-hal
yang berkaitan dengan SOP adalah mutlak yang harus dilaksanakan. Namun Etto
juga mengapresiasi KPKNL Jember yang berinovasi dalam pelayanan melalui call center. Melalui call center ini, pelayanan berupa
permintaan informasi dan pengaduan dari masyrakat dapat ditampung dan diatasi
dengan baik, tanpa harus langsung ke kantor, karena KPKNL menyediakan layanan
telepon, sms dan whatsaap.
Acara
ditutup oleh Prijo. Dalam kesempatan tersebut, Prijo berharap KPKNL Jember
mendapatkan predikat WBK/WBBM pada tahun 2019 ini. Dan diharapkan mutu
pelayanan pegawai KPKNL terus meningkat kepada masyarakat dan selalu berinovasi
kedepannya.
(Text/Foto: Grace
Teguh Kinanti/Putu Awan)