Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
Lelang Penghapusan BMD Pemkot Probolinggo oleh KPKNL Jember
Grace Teguh Kinanti
Selasa, 27 Maret 2018   |   639 kali

Tertib administrasi melalui lelang penghapusan BMD

Jember - Pada Senin (26/3/2018) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember melaksanakan lelang penghapusan Barang Milik Negara (BMD) milik Pemerintah Kota Probolinggo. Lelang yang diselenggarakan di Gedung Islamic Center Kota Probolinggo pada pukul 11.00 WIB tersebut, juga turut disaksikan oleh Walikota Probolinggo, Rukmini Buchori dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo. Sedangkan dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) hadir menyaksikan lelang adalah Kepala Bidang Lelang, Herdiyah Palupi.

Sebelum lelang dimulai, acara dibuka Sekda Kota Probolinggo. Dalam sambutannya, Bambang berharap agar melalui lelang penghapusan BMD ini dapat mengurangi beban neraca Pemkot Probolinggo. Lelang ini sendiri merupakan salah satu upaya untuk menstabilkan neraca Pemkot Probolinggo.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Walikota Probolinggo. Rukmini yang menyampaikan bahwa dalam rangka tertib administrasi, Pemkot Probolinggo bekerja sama dengan KPKNL Jember untuk melaksanakan lelang penghapusan BMN ini. Pada tahun 2014 telah ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara KPKNL Jember melalui Kanwil DJKN Jawa Timur dengan Pemkot Probolinggo, hal tersebut merupakan jalan untuk semakin mempermudah kerjasama antara KPKNL Jember dengan Pemkot Probolinggo. “Saya harap para peserta lelang dapat mengikuti lelang dengan baik, patuh pada aturan lelang dan bersaing dengan sportif,” tutur Rukmini pada akhir sambutannya.

Lelang penghapusan BMD tersebut dipimpin oleh Pejabat Lelang Kelas I dari KPKNL Jember, Agus Setyadi. Dalam lelang tersebut sebanyak 31 objek lelang yang meliputi kendaraan roda empat sebanyak satu unit dan kendaraan roda dua sebanyak 30 unit.

Lelang konvensional yang diikuti oleh 20 peserta tersebut berlangsung dengan marak. Para peserta yang telah menyerahkan uang jaminan terhadap objek lelang yang diminati saling bersaing harga untuk mendapatkan objek yang dilelang. Akhirnya sebanyak 19 objek lelang laku terjual, sedangkan objek lelang yang belum laku rencananya akan kembali dimohonkan oleh Pemkot Probolinggo untuk dilakukan lelang ulang dalam waktu dekat.

Pemkot Probolinggo berharap agar pelaksanaan lelang penghapusan BMD selanjutnya tidak hanya meliputi kendaraan bermotor saja, namun juga barang inventaris lainnya yang sudah waktunya untuk dihapus dari neraca. Selain itu diharapkan kedepannya lelang akan lebih diminati lebih banyak peserta. (Text/Foto: Grace Teguh Kinanti)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini