Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
Seminar Security Awareness di KPKNL Jember
Grace Teguh Kinanti
Selasa, 28 November 2017   |   387 kali

Jember - Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan menyelenggarakan Seminar Security Awareness: Implementasi SMKI (Sistem Manajemen Keamanan Informasi) pada Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Keuangan Propinsi Jawa Timur, Selasa (28/11/2017).

Acara yang diselenggarakan di Aula lantai 2 KPKNL Jember tersebut dihadiri oleh 40 Satuan Kerja (Satker) Kementerian Keuangan di Jawa Timur.

Acara dibuka oleh Plh. Kepala KPKNl Jember, Erwin Maulana. “Kami sangat bangga dan berterima kasih karena KPKNL Jember telah menjadi tuan rumah untuk acara Seminar Security Awareness ini. Semoga apa yang disosialisasikan dan dipaparkan dalam seminar ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, mengingat begitu pentingnya meteri pada acara ini,” tutur Erwin dalam sambutannya.

Selanjutnya, dalam sambutannya Kepala Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Rusbandi Rustam. menyampaikan bahwa kita para insan Kemenkeu berkewajiban untuk menjaga informasi yang ada pada setiap Eselon I, guna untuk menjaga keamanan data, khususnya di lingkungan Kementerian Keuangan.

Materi pada sesi pertama disampaikan oleh Akbar Yuliantoro, selaku pelaksana pada Seksi TIK Pusat Sistem Informasi dan Teknologi Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan. Akbar menyampaikan mengenai Perkembangan Keamanan Informasi Secara Global. Pemaparan disambung dengan sosialisasi KMK No. 695/KMK. 01/2017 tentang Kebijakan Sistem Menajemen Keamanan Informasi di Lingkunagn Kementerian Keuangan.

Pemaparan materi kedua mengenai Implementasi SMKI di Lingkungan Satuan Kerja Kementerian Keuangan Propinsi Jawa Timur. Materi disampaikan oleh Bagus Prasetyo Budiono, selaku Praktisi IT dari Mantra Cyber.

Bagus mengemukakan bahwa tujuan dalam acara seminar terhadap para pegawai terdiri dari tiga hal, yaitu: pemahaman mengenai information security, mengetahui kebijakan tentang information security, dan membangun information security awareness pada setiap pegawai dalam melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Dengan demikian, para pegawai akan memiliki kesadaran akan pentingnya pengamanan data, khususnya data mengenai pekerjaan. Disela-sela pemaparan materi, para peserta seminar antusias mengajukan pertanyaan seputar permasalahan jaringan yang selama ini dihadapi.

(Text/Foto: Grace Teguh Kinanti)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini