Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
Bimbingan Teknis Revaluasi BMN KPKNL Jember
Grace Teguh Kinanti
Kamis, 31 Agustus 2017   |   455 kali

            Rabu, 30 Agustus 2017, KPKNL Jember menyelenggarakan bimbingan teknis revaluasi BMN. Acara dimulai pada 09.00 WIB, di aula lantai 2 KPKNL Jember dan dihadiri oleh 72 (tujuh puluh dua) Satuan Kerja (Satker) sewilayah kerja KPKNL Jember. Para Satker didampingi oleh 6 (enam) Tim Penilai yang beranggotakan 3 (tiga) orang yang telah dibentuk oleh Seksi Penilaian KPKNL Jember.

            “Kami mohon kerjasama dari Bapak dan Ibu Satker untuk dapat bersinergi dengan Tim Penilai dari KPKNL Jember, agar revaluasi berjalan dengan lancar,” demikian tutur Yuniantoro dalam pembukaannya, selaku Plh. Kepala KPKNl Jember. Yuniantoro juga berharap agar Para Satker komunikatif, sehingga kendala-kendala yang dihadapi dalam revaluasi dapat teratasi dengan baik dan lancar.

            Acara dilanjutkan dengan pemaparan dasar hukum dan materi revaluasi BMN oleh Kepala Seksi Pengelola Kekayaan Negara (PKN), Agus Budi Utomo. Pada dasarnya aplikasi Revaluasi BMN memiliki 4 (empat) tujuan, yakni: membantu proses pelaksaan penilaian kembali, mulai dari persiapan data awal, pelaksanaan, pemaparan dan tindak lanjut, sehingga penilaian kembali BMN menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan efisien; digitalisasi seluruh dokumen penilaian kembali BMN; terbentuk database nasional hasil penilaian kembali BMN; monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penilaian kembali BMN seluruh unit secara online dan realtime.

            Kemudian disusul dengan pemaparan oleh Domas Meida Budiyanto selaku Pelaksana Seksi PKN yang menjelaskan mengenai praktek aplikasi SIMAK versi 17, praktek aplikasi SIMAN 3.1.2 plugin penilaian kembali versi 3.2.0.55, simulasi pengiriman data dari SIMAK ke SIMAN, serta revaluasi SIMAN yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, pelaporan dan tindak lanjut.

            Tanpa mengulur waktu, acara disambung degan pemaparan dari Joko Susanto selaku Kepala Seksi Penilaian. Joko memaparkan tentang pengisian pendataan objek penilaian, pembagian tim revaluasi dan simulasi Sistem Informasi Penilaian (SIP), serta bagaimana cara memasukkan nilai ke aplikasi SIMAN.

            Acara dilanjutkan dialog dan diskusi antusias oleh para Satker undangan dengan narasumber. Acara ditutup oleh Kepala Seksi PKN, yang berharap partisipasi aktif satker dalam program revaluasi BMN sehingga program nasional tersebut berjalan dengan sukses. Tanpa adanya peran serta Satker, revaluasi tidak akan mungkin dapat berjalan dengan baik.

(Text/Foto: Grace Teguh Kinanti/Erwin Maulana M H)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini