Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jember > Berita
Evaluasi Rekonsiliasi dan Wasdal, Konsolidasi BMN Guna Menunjang Revaluasi Aset dan Sosialisasi Pembangunan ZI WBK WBBM di KPKNL Jember
Grace Teguh Kinanti
Jum'at, 18 Agustus 2017   |   153 kali

KPKNL Jember menyelenggarakan evaluasi rekonsiliasi semester I tahun 2017, evaluasi wasdal tahun 2016, konsolidasi data Barang Milik Negara (BMN) guna menunjang revaluasi aset dan sosialisasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK WBBM), pada Selasa, 15 Agustus 2017.

Evaluasi, konsolidasi dan sosialisasi tersebut merupakan acara gabungan seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), seksi Penilaian dan Seksi Kepatuhan Internal. Acara dilangsungkan di aula lantai 2 KPKNL Jember dan dimulai pukul 09.00 WIB, dihadiri oleh 72 (tujuh puluh dua) Satuan Kerja (Satker).

Acara dibuka langsung oleh Kepala KPKNL Jember Prijo Wibowo. Dalam sambutannya, Prijo  menyampaikan apresiasinya kepada para Satker yang hadir dan berharap agar acara yang diselenggarakan bermanfaat bagi para Satker untuk dapat bekerjasama dengan KPKNL dalam melaksanakan rekonsiliasi, pengisian wasdal dan revaluasi aset.

Pada sesi pertama didahului oleh pemaparan evaluasi rekonsiliasi oleh Domas Meida Budiyanto selaku pelaksanan seksi PKN. Domas menjelaskan bahwa selanjutnya KPKNL tidak akan mengundang para Satker untuk melakukan Rekonsiliasi, karena Rekonsiliasi dapat dilakukan secara mandiri oleh masing-masing Satker. Namun demikian, KPKNL tetap menyediakan waktu bagi para Satker yang akan berkonsultasi mengenai Rekonsiliasi.

Selanjutnya Mahfudi, pelaksana seksi PKN, memaparkan tentang evaluasi pengawasan dan pengendalian BMN. Dalam paparannya, Mahfudi menghimbau agar pada Satker melakukan pengisian wasdal pada aplikasi SIMAN dengan benar dan tepat waktu. Kemudian disusul dengan pemaparan pembangunan zona integritas menuju WBBM dan wilayah bebas dari korupsi pada KPKNL Jember oleh Pravilla Arwan Saputra selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal. Pemaparan pembangunan zona integritas kepada pengguna jasa dimaksud merupakan tindak lanjut dipilihnya KPKNL Jember sebagai salah satu unit vertikal DJKN yang mewakili DJKN dalam perlombaan Kantor Pelayanan Terbaik (KPPT) sekaligus kantor berpredikat ZI WBK WBM.

Pada sesi kedua diisi dengan pemaparan yang disampaiakan oleh Agus Budi Utomo selalu Kepala Seksi PKN dan MNCS Pambudi selaku pelaksana seksi Penilaian mengenai konsolidasi formulir data guna menunjang kegiatan revaluasi aset. Pada sesi ini, dilakukan simulasi pengisian formulir data guna menunjang kegiatan revaluasi aset yang akan diselenggarakan. Dijelaskan pula kepada para Satker, bahwa pada revaluasi aset nanti, penilalain dilapangan hanya untuk objek BMN berupa tanah. Sedangkan untuk objek selain BMN berupa tanah, penilaian dilakukan secara on desk valuation. Oleh Karena itu dibutuhkan data lengkap dari para Satker.

Acara ditutup pada pukul 15.00 WIB oleh Kepala KPKNL Jember. Pada kesempatan tersebut, Prijo berharap agar masing-masing Satker menyiapkan petugas untuk mendampingi KPKNL Jember, agar revaluasi aset yang akan diselenggarakan nanti dapat berjalan dengan baik.

(Text/Foto: Grace Teguh Kinanti/Rahmad Basuki)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini