Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunjungan Kerja dan Apresiasi Sertipikasi BMN oleh Sesditjen Kekayaan Negara dan Direktur BMN
Deni Kurniawan
Senin, 25 Februari 2019   |   255 kali

Jayapura - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jayapura menerima kunjungan Sekretaris Direktorat jenderal Kekayaan Negara, Dodi Iskandar dan Direktur Barang Milik Negara (BMN), Encep Sudarwan pada Rabu (20/2) dalam rangka Kunjungan Kerja dan Pengarahan Kepada Pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Wilayah Jayapura. Selain hal tersebut, Dodi dan Encep juga akan menghadiri Malam Apresiasi Sertipikasi BMN di Sentani dan Kab. Merauke.

Acara pengarahan berlangsung di ruang rapat KPKNL Jayapura dan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku, A.Y. Dhaniarto, dilanjutkan pengarahan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Dodi Iskandar. Dalam pengarahannya, pria kelahiran Jakarta ini menyampaikan bahwa tugas DJKN saat ini bukan hanya sebagai pengelola aset, tetapi DJKN harus menjadi Revenue Center di bawah DJP dan DJBC. “Buat apa kita bekerja siang malam tetapi aset kita tidak menghasilkan, lebih baik aset kita yang bekerja siang malam menghasilkan pemasukan bagi negara dan kita bisa bersantai,” imbuhnya. Selain hal tersebut, Dodi juga meninjau ruang kerja KPKNL Jayapura yang mengusung tema open space dan beberapa rumah dinas pegawai/pejabat DJKN.

Giliran Encep Sudarwan dalam arahannya mentitikberatkan pada pengelolaan BMN yang harus dilakukan lebih baik lagi kedepannya, sebab peran BMN yang begitu penting dalam tiga aspek. Pertama, BMN memiliki proporsi yang besar pada neraca keuangan negara, kedua, agar bisa mendapatkan opini audit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan ketiga, BMN dapat menjadi Revenue Center dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

 Keesokan harinya, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara beserta Direktur BMN bertolak ke Merauke pada Kamis (21/2) untuk melaksanakan Program Percepatan Sertifikasi Tahun 2019. Acara tersebut salah satunya bertujuan untuk memberikan apresiasi atas partisipasi aktif Kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Papua (Kanwil BPN Papua) berikut Kantor Pertanahan serta Balai Besar PJN Wilayah XVIII Jayapura berikut Satker PJN dengan realisasi sertifikasi tahun 2018 mencapai sebesar 179% dengan jumlah bidang tanah 192 dari target 107 bidang tanah BMN Provinsi Papua.

Sebelum dilakukan serah terima piagam apresiasi, acara didahului dengan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Target 2019 oleh Kepala Kanwil Papabaruku dan Kanwil BPN Papua. Kesepakatan tersebut merupakan hasil rapat Kepala KPKNL Jayapura, Kepala KPKNL Biak, Kepala Kantah Kab. Jayapura, Kepala Kantah Jayawijaya, Kepala Kantah Kep. Yapen, dan Kepala Kantah Biak Numfor pada pagi hari (21 Februari 2019) sebelum acara malam apresiasi. Target tahun 2019 tersebut adalah sebanyak 60 bidang tanah BMN yang terdiri dari 20 bidang tanah dari Kab. Jayapura, 20 bidang dari Jayawijaya, 7 bidang dari Biak Numfor, 8 bidang dari Kep. Yapen, 5 dari Nabire.

Memasuki agenda acara apresiasi, didahului dengan penyerahan sertifikat (hasil sertifikasi) oleh Direktur BMN Encep Sudarwan yang didampingi oleh Kepala Kanwil DJKN Papabaruku kepada sejumlah satker PJN Provinsi Papua. Selanjutnya penyerahan piagam penghargaan Direktur Jenderal Kekayaan Negara yang diwakili oleh Sekretaris DJKN Dodi Iskandar yang didampingi oleh Kepala Kanwil BPN Prov. Papua Arius Yambe kepada sejumlah Kantor Pertanahan provinsi Papua.

(Teks: Hamid, Maulana; Foto: Adit; Editor: Deni)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini