Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jayapura Sosialisasikan Persiapan Pelaksanaan Revaluasi BMN 2017 pada Satker di Lingkungannya
Joko Surono
Sabtu, 26 Agustus 2017   |   628 kali

Guna mendukung program berskala Nasional berupa penilaian kembali BMN (Revaluasi BMN) 2017, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jayapura mengadakan acara  yang bertajuk “Dengan Revaluasi BMN, Kita Tingkatkan Pengelolaan BMN Yang Akuntabel dan Efisien Demi Kemakmuran Kita Bersama”, bertempat di Gedung Keuangan Negara Jayapura lantai 7 yang berlangsung selama satu hari pada hari Selasa tanggal 22 Agustus 2017. Sosialisasi ini dihadiri oleh satuan kerja vertikal dan TNI Polri yang ada pada wilayah kerja KPKNL Jayapura.

Pada kesempatan tersebut Bimo Aryo, selaku Kepala KPKNL Jayapura yang baru dilantik satu bulan yang lalu membuka acara sekaligus memperkenalkan diri kepada para peserta sosialisasi. Dalam sambutannya, selain memberikan pemahaman kepada satker tentang beberapa faktor yang melatarbelakangi dan tujuan dilaksanakannya  Revaluasi BMN, Bimo juga mengajak kepada seluruh satker K/L  yang  ada di wilayah kerja KPKNL Jayapura untuk bersama-sama bersinergi serta mendukung tercapainya program Revaluasi BMN 2017. Sehingga dapat diperoleh nilai yang up to date  dalam rangka pembentukan data base BMN secara Nasional yang dapat diakses oleh Pengelola Barang maupun Pengguna Barang. Adapun besaran Penilaian BMN yang akan dilaksanakan sebanyak 1200 unit barang  terdiri atas  Tanah, Jalan, Jembatan dan Irigasi  masing-masing tersebar pada satker K/L di Papua ini. 

Selanjutnya materi sosialisasi disampaikan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, yaitu memperkenalkan Aplikasi Revaluasi BMN yang terdiri dari, Aplikasi SIMAK BMN, Aplikasi SIMAN fitur Revaluasi, dan  Aplikasi SIP Fitur Penilaian. SIMAN Fitur Penilaian Kembali  BMN, merupakan fitur dari aplikasi SIMAN yang berfungsi untuk mendukung pelaksanaan Penilaian Kembali BMN tahun 2017-2018 mulai dari persiapan data awal, pencetakan Kertas Kerja Inventarisasi, Download Form Pendataan, Update Data Hasil Inventarisasi, Pencetakan Laporan, dan Tindak Lanjut (Rekonsiliasi Penilaian Kembali). SIMAN Fitur Penilaian Kembali dapat diakses oleh seluruh level Pengguna dan Pengelola Barang.

Dijelaskan pula tatacara instalasi Aplikasi SIMAN fitur Penilaian, tatacara pengajuan registrasi user pada SIMAN fitur Penilaian, pengenalan fitur-fitur yang ada pada Aplikasi SIMAN fitur Penilaian serta kaitan Aplikasi SIMAN interkoneksi masing –masing aplikasi tersebut yaitu SIMAK-SIMAN-SIP, mulai dari tahap sinkronisasi data awal (SIMAK-SIMAN), pemutakhiran data pada SIMAN, sampai terbentuk Master Aset sehingga siap untuk dilaksanakan tahap penilaian kembali sampai dengan mendapatkan nilai yang wajar diolah didalam SIP  kemudian di kirimkan kembali ke SIMAN sehingga terbentuk Pelaporan. Koreksi hasil antara SIMAN dan SIMAK BMN untuk dilakukan Sinkronisasi Rekon Reval yaitu pada tahap pemutahiran di SIMAN sampai dengan Tindak lanjut (Rekonslisiasi Penilaian Kembali). Digunakan untuk melakukan tindak lanjut hasil Hasil Inventarisasi  dan Penilaian.  

Satker melakukan verifikasi data koreksi hasil tindak lanjut Inventarisasi dan Penilaian, pada aplikasi SIMAK BMN . Selanjutnya melakukan analisis data tindak lanjut  hasil inventarisasi dan penilaian SIMAK BMN dengan membandingkan dengan nilai SIMAN. Catatan Hasil Rekonsiliasi memuat Keterangan per-Barang dan Penambahan Catatan BAR (Berita acara Rekonsiliasi). Terakhir adalah  sampai dengan cetak BAR yang memuat Berita Acara Rekonsiliasi Hasil Inventarisasi (BAR IP) dan Catatan Rekonsiliasi Hasil Penilaian Kembali BMN. 

Hadir pula dalam kesempatan ini Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku, Sudirman yang juga mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan sosialisasi Revaluasi BMN 2017 sehingga dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Diakhir sambutan beliau juga mengingatkan kembali pentingnya kerjasama yang baik serta dukungan penuh dari satker K/L yang hadir agar dapat terwujud pelaksanaan Penilaian Kembali BMN 2017 sesuai dengan yang diharapkan.

Kegiatan Sosialiasi Pelaksanaan Revaluasi BMN 2017 ini berlangsung dengan lancar, terbukti dengan antusiasnya peserta untuk bertanya mengenai penerapan Aplikasi SIMAN fitur Penilaian dan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Kepala KPKNL Jayapura dan Satker K/L semuanya untuk bersama-sama bersinergi saling mendukung demi terlaksana dan terwujudnya program Nasional Revaluasi BMN tahun 2017. (Penulis/Foto: Joko Surono/Abdul Rajab Nasution pelaksana Seksi Hukum dan Informasi)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini