Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jambi > Berita
FGD KPKNL Jambi, Mindset Positif untuk Menjadi Solusi di Tengah Pandemi
Harnytan Anasthasia Siburian
Rabu, 16 September 2020   |   148 kali

Jambi — Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)  memberikan dampak yang cukup besar terhadap berbagai sektor kehidupan masyarakat. Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jambi Gatot Muharto mengimbau seluruh jajarannya di KPKNL Jambi untuk senantiasa memiliki respon yang positif terhadap dampak yang ditimbulkan oleh pandemi yang sudah merebak di Indonesia sejak Maret 2020. “Bagaimana seharusnya KPKNL merespon hal ini? Kita harus membangun mindset positif, seluruh pegawai KPKNL Jambi harus berperan sebagai bagian dari pemerintah dan masyarakat,” ujar Gatot. Hal tersebut disampaikan Gatot saat memberikan arahannya pada Focus Group Discussion (FGD) mengenai Kebijakan Defisit Anggaran Pemerintah. FGD ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting pada Rabu, (16/09).

Dalam arahannya, Gatot juga menyampaikan bahwa dalam hal mendukung kebijakan fiskal defisit anggaran pemerintah guna mengatasi dampak ekonomi yang disebabkan pandemi COVID-19, KPKNL Jambi harus turut mengambil peran. “Kita (KPKNL Jambi-red) dapat berperan dalam optimalisasi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak-red) dan dalam hal menggerakkan ekonomi mikro,” tegas Gatot. Lebih lanjut, Gatot menjelaskan, dalam hal optimalisasi PNBP KPKNL Jambi dapat menggunakan segala daya dan upaya. Upaya ini tentunya mencakup optimalisasi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Piutang Negara, dan juga Pelayanan Lelang. Gatot juga menyampaikan kepada seluruh pegawai KPKNL Jambi untuk senantiasa ikut menggerakkan ekonomi di sektor riil. “Bapak dan ibu sudah menggerakkan ekonomi riil dengan berbelanja dan membeli produk-produk buatan lokal, mari kita dukung kebijakan pemerintah sehingga kita tetap bisa survive,” ujarnya.

Lebih lanjut, pria kelahiran Denpasar ini berpesan kepada seluruh  pegawai KPKNL Jambi agar memanfaatkan Teknologi dan Informasi untuk mencapai tujuan KPKNL Jambi sebagai upaya untuk menggerakkan ekonomi agar tidak terjadi krisis berkelanjutan.” Sebelum terjadi pandemi COVID-19,  kita begitu kesulitan dengan yang namanya informasi. Tapi saat ini kita mampu mengatasinya dengan menggunakan daya upaya yang sifatnya digital untuk memperoleh informasi yang kita butuhkan secara digital. Sebagaimana yang disampaikan bu Menteri (Menteri Keuangan Sri Mulyani-red) kita harus memanfaatkan teknologi untuk melaksanakan pekerjaan lebih efektif dan efisien,” tutur Gatot.

Menutup arahannya, Kepala Kantor KPKNL Jambi ini menyampaikan harapannya kepada seluruh pegawai KPKNL Jambi di tengah kondisi yang extraordinary akibat pandemi COVID-19. “KPKNL Jambi dengan segala daya dan upaya nya harus mampu menjadi bagian dari solusi bukan bagian dari permasalahan,” tegas Gatot. FGD ini diisi dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Antony Saputra. Antony mepaparkan mengenai berbagai dampak yang ditimbulkan pandemi COVID-19, respon kebijakan pemerintah, dan Arah Kebijakan Ekonomi dan Fiskal 2020-2021. Sebagai informasi, FGD ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan KPKNL Jambi  dalam rangka menyelaraskan pemahaman pegawai KPKNL Jambi atas arahan/kebijakan di Kementerian Keuangan cq. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. (tsy)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini