Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jambi > Berita
Dirjen KN: Identifikasi Aset Idle untuk Menciptakan Ekonomi Kreatif
Nilasari Fitriani
Jum'at, 28 Juni 2019   |   280 kali

Jambi – Direktur Jenderal Kekayaan Negara (Dirjen KN) Isa Rachmatarwata melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jambi pada Kamis (27/06). Sebelum berkumpul di ruang aula KPKNL Jambi, Dirjen KN menyempatkan untuk berkeliling ke masing-masing seksi di KPKNL Jambi.

Pada kunjungan pertamanya ke KPKNL Jambi ini, Isa didampingi oleh Sekretaris DJKN Dedi Syarif Usman, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung Thaufik, dan Kepala Sub Direktorat Barang Milik Negara III Bambang Sulistyono.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Dirjen KN. Thaufik juga memaparkan profil Kantor Wilayah DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung termasuk di dalamnya KPKNL Jambi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing seksi oleh seluruh kepala seksi diikuti dengan perkenalan seluruh pegawai di lingkungan KPKNL Jambi. Isa menyampaikan bahwa seksi Kepatuhan Internal harus menjadi unit yang paling tahu dan paling dekat dengan semua pegawai tetapi tidak segan untuk memberikan teguran jika memang ada yang melanggar aturan.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen KN juga menyampaikan pentingnya menciptakan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan aset-aset idle.

“Kita harus bisa memetakan aset apa saja yang idle dan bisa dimanfaatkan untuk menciptakan aktivitas ekonomi,” terangnya. Sebagaimana diketahui, di Indonesia kategori ekomoni kreatif yang paling maju adalah kuliner. Kuliner memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan seni. Isa menambahkan bahwa kita bisa memaksimalkan aset idle kita untuk menjadi tempat berlangsungnya aktivitas ekonomi dan menciptakan ekonomi kreatif .

“Kalau ada bangunan milik negara yang tidak digunakan sama sekali, tetapi ada potensi untuk menjadi tempat pameran atau aktivitas insidental lainnya, kita bisa memanfaatkan hal tersebut tanpa mengorbankan barang milik negara itu sendiri,” ujar Isa.

Lebih lanjut, Dirjen KN juga mengingatkan bahwa selain dapat menimbulkan aktivitas ekonomi, pemanfaatan aset idle untuk hal-hal seperti itu akan menyemangati kita untuk lebih perduli terhadap pemeliharaan aset.

Kegiatan pengarahan dari Dirjen KN ditutup dengan sesi tanya jawab. Selain memberikan pengarahan, dalam kunker kali ini Isa juga akan melanjutkan kegiatan di rumah dinas KPKNL Jambi dengan agenda peresmian rumah dinas yang rampung dibangun akhir tahun 2018 lalu.

(Lila/Hanum/Bima) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini