Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jambi > Artikel
Cara Mudah Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19 Secara Alami
Raden Roro Hanum Rizky Hapsari
Selasa, 12 Mei 2020   |   2207 kali

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Corona Virus Disease (Covid-19) sebagai pandemi karena virus ini telah menyebar ke lebih dari separuh negara di dunia. Melalui situs pemantauan virus corona milik Pemerintah Indonesia, covid19.go.id. Pada situs tersebut tercatat covid-19 sudah menyebar ke 215 negara, termasuk Indonesia. Di masa pandemi ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan agar tidak tertular virus yang berasal dari Kota Wuhan ini. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman herbal atau makanan yang diolah secara alami.

Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay tentu bukanlah hal yang asing lagi karena seringkali digunakan sebagai bahan masakan. Namun, pernahkah kalian mendengar tentang bawang hitam atau black garlicBlack garlic berasal dari fermentasi bawang putih biasa yang dibuat dengan membiarkan bawang putih biasa menua dalam suhu antara 50 derajat celcius selama 14 (empat belas) hari. Rasa black garlic cenderung manis dan memiliki tekstur seperti dodol. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam black garlic semakin meningkat sehingga memiliki banyak manfaat antara lain untuk menurunkan kolesterol, asam urat, penyakit cardiovascular, sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Black garlic di tempatkan pada lingkungan yang terkontrol kelembabannya. Proses ini akan menghasilkan reaksi maillard, suatu proses kimia yang terjadi antara asam amino dan gula pereduksi. Sebetulnya, membuat black garlic tidak terlalu sulit dan anda bisa membuatnya sendiri. Dalam membuat black garlic, Anda bisa menggunakan rice cooker. Langkah-langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

  1. Siapkan bawang putih yang belum di kupas secukupnya lalu bersihkan namun jangan dikupas kemudian masukkan ke dalam rice cooker dan gunakan mode warm.
  2. Untuk menjaga tingkat kelembapan agar black garlic dapat terfermentasi dengan baik, dasar rice cooker harus dilapisi dengan tissue.
  3.  Setiap 3 (tiga) hari lakukan perpindahan/ rotasi bawang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Setelah 14 hari, bawang yang sudah terfermentasi tersebut harus dianginkan di tempat terbuka agar bawang menjadi awet.

Sangat mudah bukan untuk membuat black garlic yang dapat membantu meningkatkan imunitas tersebut. Selamat mencoba di rumah kawan-kawan.

Penulis: Rr. Hanum dari KPKNL Jambi

Sumber :

https://hot.liputan6.com/read/4073093/manfaat-black-garlic-untuk-kesehatan-bukan-bawang-putih-biasa


Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini