KPKNL Jakarta V
Berita DJKN

KPKNL Jakarta V Lakukan Internalisasi Nilai Integritas Lewat Kisah Inspiratif

Selasa, 28 Juli 2020   |   21 kali

Jakarta—Dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan, integritas dicantumkan pada nomor 1 (satu). Artinya integritas itu sangat penting dan harus ada dalam diri kita. Hal tersebut di disampaikan oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V Adriana Viveryanti saat membuka kegiatan internalisasi nilai integritas pada Senin (27/7) melalui konferensi video.

 

“Sebagai kantor pelayanan publik, KPKNL adalah ranah yang rawan sekali. Apalagi kita banyak berhubungan dengan stakehoders. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menanamkan nilai integritas dalam diri. Pada kesempatan kali ini, mari kita tanamkan, kita perkuat nilai integritas itu.” ujar Adriana.

 

Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Kukuh Anggraito memberikan penjelasan mengenai integritas melalui kisah-kisah pendek. “Sebelum menginternalisasi nilai integritas. Kita tentunya harus paham apa arti integritas itu sendiri. Integritas secara umum terdiri dari 3 aspek, yaitu nilai inti, etos kerja, dan nilai sikap.”

 

“Ada contoh seperti ini. Seorang hakim sedang pusing memikirkan biaya kuliah anaknya yang baru saja lolos tes. Di satu sisi, dia ingin anaknya menjadi dokter terkenal yang kelak dapat mengangkat nama keluarga. Di sisi lain, dia tidak punya tabungan yang cukup untuk membayar sumbangan dan uang kuliah. Sewaktu dia pulang kerja, istrinya mengatakan ada orang yang memberikan kotak kecil berisi uang 300 juta. Tidak ada nama di kotak tersebut, hanya ada nama perusahaan yang sedang ia tangani. Jika teman-teman semua adalah Pak Herman, apa yang akan dilakukan?” jelas Kukuh.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Rizcka Adhitama turut memaparkan tujuan serta level-level integritas berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017. “Menyambung apa yang sudah disampaikan oleh Pak Kukuh. Sebenarnya apa sih tujuan internalisasi nilai integritas itu. Beberapa diantaranya adalah menumbuhkan semangat ketaatan terhadap nilai etika dan integritas pada pegawai KPKNL Jakarta V, mengembangkan interaksi yang dapat membangun komunikasi yang nyaman agar dapat saling mengingatkan apabila terjadi pelanggaran, saling mengapresiasi apabila terdapat keberhasilan.”

 

“Jhon Maxwell dalam Bukunya Developing the Leader with You, mengungkapkan betapa pentingnya integritas itu seperti membangun kepercayaan integritas, memiliki nilai pengaruh yang tinggi, serta memiliki standar yang tinggi.” sambung Rizcka.

 

Sebelum menutup kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Jakarta V ini, Adriana berpesan agar senantiasa menerapkan dan menjaga integritas dalam kehidupan sehari-hari dan di setiap pekerjaan yang dilakukan. (Bela)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman & Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 34835146
(021) 34835155
kpknljakarta5@kemenkeu.go.id