Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta V Internalisasi Tata Naskah Dinas Kementerian Keuangan
Muhammad Fajar Nugroho
Rabu, 05 Desember 2018   |   344 kali

Jakarta (4/12) - Untuk memberikan pemahaman serta meningkatkan kompetensi kepada para pegawai tentang penerapan tata naskah dinas Kementerian Keuangan, KPKNL Jakarta V menyelenggarakan internalisasi tata naskah dinas Kementerian Keuangan pada 4 Desember 2018 di Jakarta. Internalisasi dilakukan merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 136/PMK.01/2018 yang telah diterbitkan sebagai pengganti Peraturan Menteri Keuangan nomor 181/PMK.01/2014 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 232/PMK.01/2016 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas

Bertindak sebagai penyaji materi pada acara tersebut adalah Ferry N Suryahadi, pelaksana pada Seksi Piutang Negara. “Terdapat beberapa perubahan dari PMK 181/PMK.01/2014 yang dituangkan dalam PMK Nomor 136/PMK.01/2018 ini” ungkap Ferry. Selain untuk menggantikan PMK 181/PMK.01/2014 dan PMK Nomor 232/PMK.01/2016, peraturan ini juga mencabut PMK 128/PMK.01/2015 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Elektronik Kementerian Keuangan.

Pada kesempatan tersebut Ferry juga menyampaikan materi terkait penggunaan aplikasi  SMART (Sistem Monitoring Aktivitas Rutin). Sistem yang terdiri dari aplikasi persuratan, portal keuangan, sistem informasi kepegawaian, aplikasi perjalanan dinas, aplikasi presensi digital serta aplikasi diklat DJKN ini bukan lagi sekedar aplikasi persuratan sebagaimana yang selama ini dipahami oleh para pegawai. “Pada tahun 2019 aplikasi ini akan secara penuh digunakan dalam berbagai kegiatan perkantoran” demikian Ferry menjelaskan.

Sebelum mengakhiri acara, diadakan pelepasan para Pejabat Fungsional pelelang dari KPKNL Jakarta V yang telah dilantik dan ditetapkan di tempat tugas yang baru yaitu Palomes (KPKNL Bandung) , Januar Edi Purwoko (KPKNL Tangerang II), Habibi (KPKNL Jakarta IV), Indra Prasta NP (KPKNL Bogor), dan Anice Kasim (KPKNL Jakarta V). Memberi sambutan dalam acara tersebut, Sugiwanto, selaku kepala kantor mengingatkan kepada para pelelang yang baru dilantik untuk selalu menerapkan nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam melaksanakan tugas serta terus meningkatkan kompetensi dan kapabilitas.  

Rangkaian acara ditutup dengan pembacaan doa dan pemberian ucapan selamat dari para pegawai KPKNL Jakarta V kepada para pejabat fungsional pelelang.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini