KPKNL Jakarta V
Berita DJKN

KPKNL Jakarta V Terima Tim Monitoring dan Evaluasi Kantor Berpredikat WBK/WBBM

Senin, 27 Agustus 2018   |   122 kali

Jakarta – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V menerima kunjungan Dini Kusumawati, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta), Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan beserta A.R. Hakim,Staf pada Biro Organta, (Selasa 21 Agustus 2018), dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap KPKNL Jakarta V sebagai kantor yang sudah berpredikat Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2013 KPKNL Jakarta V menjadi instansi vertikal pertama di lingkungan DJKN yang berhasil mendapatkan predikat WBK dan WBBM. Pada tahun 2018, Kementerian Keuangan melakukan monitoring dan evaluasi untuk menentukan apakah KPKNL Jakarta V masih layak menyandang kantor WBK dan WBBM. Selain itu, kegiatan monev dilakukan sebagai  persiapan menyambut kegiatan yang sama dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

“Jadi ini (predikat WBK/WBBM) sewaktu-waktu bisa dicabut kalau kantor ini sudah tidak seperti itu lagi,” demikian arahan pembuka Dini Kusumawati untuk mengingatkan bahwa WBK/WBBM bukan predikat yang permanen. Dengan metode spot checking, ibu yang ramah dan humoris ini turun langsung ke KPKNL Jakarta V untuk memastikan terpenuhinya berbagai aspek yang menjadi indikator pencapaian predikat WBK/WBBM.  

Selain menggunakan kuesioner dan penelaahan dokumen pendukung, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan wawancara secara acak kepada para pegawai KPKNL Jakarta V dan beberapa pengguna layanan yang kebetulan sedang berada di KPKNL Jakarta V. Ketika diwawancarai oleh Kepala Biro Organta, Handoko, dari Bank Commonwealth, menyatakan kepuasannya terhadap layanan yang selama ini diberikan oleh KPKNL Jakarta V. ”Dalam skala 1 sampai 100, berapa nilai yang anda berikan” tanya Dini Kusumawati. Sambil tersenyum Swandani menyatakan “Kalau boleh sih, saya  kasih 100” jawabnya sambil diikuti riuh tepuk tangan para pegawai yang berada di ruangan tersebut.

Arjadi Sekio, salah seorang pengguna layanan dari Bank Panin juga menyatakan kepuasan yang sama terkait pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Jakarta V. Nilai 85 diberikannya untuk pelayanan yang selama ini diberikan KPKNL Jakarta V. Meskipun demikian Arjadi memberikan beberapa catatan untuk perbaikan pelayanan ke depannya.  

Dari hasil monev WBK/WBBM tersebut, Kepala Biro Organta menyatakan bahwa KPKNL Jakarta V memperoleh nilai Baik dan masih memenuhi kriteria kantor berpredikat WBBM sesuai ketentuan dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 426/KMK.01/2017 tentang Pedoman Pembangunan  dan Penilaian Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman & Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 34835136
(021) 34835155