Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta IV > Kilas Peristiwa
Pelaksanaan Uji Kompetensi Sosial Kultural Untuk Jabatan Fungsional Pemula di Lingkungan KPKNL Jakarta IV
Yuliati
Kamis, 17 September 2020   |   357 kali

Jakarta – Sesuai Peraturan Menteri PAN RB Nomor 38 TAHUN 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara, salah satu kompetensi  yang harus dimiliki oleh setiap ASN adalah kompetensi sosial kultural perekat bangsa. Kompetensi ini terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap ASN di semua level jabatan.   

Kamis (17/09), KPKNL Jakarta IV mulai melaksanakan uji kompetensi sosial kultural secara online untuk jabatan fungsional pemula. Pertimbangan akan kebutuhan Penilai dan dalam rangka Inpassing Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah Jenjang Pertama, dilakukan Siti Mursidah salah satu staf di Seksi Pelayanan Penilaian sebagai pegawai KPKNL Jakarta IV yang pertama kali melaksanakan uji kompetensi sosial kultural secara online. Dalam uji kompetensi tersebut, dijelaskan oleh Siti bahwa agar lebih siap menghadapi ujian, sehari sebelumnya telah menerima pembekalan Kompetensi Sosial Kultural oleh Jabfung Assesor.

Uji kompetensi teknis ini dilaksanakan dengan mekanisme work from office/WFO dan dilakukan secara online karena mempertimbangkan situasi dan kondisi terkait adanya wabah/pandemi Covid 19. Kegiatan uji kompetensi ini mendapat pengawasan langsung dari Seksi Kepatuhan Internal. Adapun secara keseluruhan pelaksanaan uji kompetensi ini  berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan terkait sarana dan prasarananya.

Untuk kedepannya, terhadap keseluruhan pegawai KPKNL Jakarta IV, pelaksanaan uji kompetesi sosial kultural akan dilaksanakan secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditetapkan yaitu pada bulan Oktober 2020.

(teks/foto : Seksi HI/Seksi KI)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini