Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta IV > Kilas Peristiwa
In House Training : Kebahagian Adalah Kunci Menuju Sukses
Fenny Lubis
Kamis, 19 April 2018   |   243 kali

Jakarta – Gemuruh suara tepuk tangan dan sorak sorai pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta IV menandai dimulainya kegiatan In House Tranning (IHT) pada Senin, (19/3) di KPKNL Jakarta IV.


Raut muka riang terpancar, dalam hati mereka bertanya, kegiatan apa yang akan dilakukan?. Rasa penasaran ini tergambar dari sangat antusiasnya pegawai mengikuti semua rangkaian kegiatan IHT.

Kepala KPKNL Jakarta IV Sigit Prasetyo Nugroho dalam sambutannya sekaligus membuka acara IHT menyampaikan bahwa kegiatan IHT sebagai kegiatan untuk peningkatan soft competency pegawai dalam melakukan tugas dan fungsinya. Peningkatan yang ingin dikejar dari kegiatan ini adalah agar setiap pegawai di DJKN khususnya KPKNL Jakarta IV memiliki lima karakter unggul.  Kelima  karakter unggul tersebut menyangkut  integritas, komunikasi, motivasi, etos kerja, dan team work. Sebagai apresiasi terhadap kegiatan IHT ini, Sigit pun mengikuti acara IHT dari awal hingga akhir acara.


IHT dipandu dua orang, Taufik dan Teduh sebagai fasilitator dari Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan dan Yogi dari Kepegawaian DJKN. Rangkaian kegiatan IHT tidak terlepas dari penjabaran kelima karakter unggul di atas yang harus dimiliki oleh setiap pegawai DJKN.  Setiap karakter diwakili oleh satu buah permainan. Permainan tersebut diikuti pegawai dengan antusias, tidak jarang dalam permainan tersebut muncul inovasi dan kreativitas serta sifat asli pegawai yang menambah riuh suasana IHT.


Karakter Integritas dan Komunikasi dijabarkan dengan permainan memindahkan kelereng sebanyak-banyaknya dengan menggunakan balon sebagai sarana uji integritas para angota team dalam mencapai tujuaan. Dalam permainan ini ada angota team yang berbuat curang dengan memegang balon agar tidak terjatuh, menjauhkan dan menendang tempat kelereng dengan tujuan menjauhkan dari team lain. Tidak adanya komunikasi yang efektif juga menjadi faktor yang menentukan kegagalan team pada saat berjalan beriringan.


Karakter Motivasi dijabarkan dengan permainan menganalisa permasalahan yang dihadapi sekelompok orang dengan aturan matematika yang perlu pemikiran mendalam. Motivasi tercipta dari bagaimana team tersebut memecahkan puzzle untuk mengatasi masalah yang ada.

Karakter Etos Kerja dan Team Work  dijabarkan dengan permainan mengambil air dan mengisinya ke dalam botol dengan menggunakan kain/sarung. Permainan ini harus dimainkan oleh team yang mempunyai etos kerja dan sinergi sehingga tercipta team work yang handal.


Dari rangkaian permainan yang dilaksanakan,  kelima kateristik unggulan yang tercipta tersebut harus ada dalam suatu rumah yaitu Rumah KPKNL Jakarta IV sebagai tempat tinggal bersama pegawai.  Rumah bersama ini harus terus dijaga agar dapat membentuk karakter unggul bagi para penghuninya. Dengan karakter unggul ini, diharapkan pegawai dapat mencapai kebahagiaan dalam bekerja. Rangkaian kegiatan IHT diakhiri dengan pemberian hadiah bagi team yang menang. Point penting dari IHT adalah bagaimanapun cara dan kendala yang kita hadapi dalam mencapai satu kesuksesan, tidak menjadi penghalang untuk bahagia, "kita tidak boleh lupa bahwa kita harus terus bahagia".

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini