Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jakarta IV Gelar Sosialisasi SBSK BMN Tahun 2021
Yuliati
Kamis, 06 Mei 2021   |   353 kali

Jakarta – Dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan pengukuran tingkat kesesuaian Penggunaan Barang Milik Negara (BMN) dengan Standar Barang Standar Kebutuhan (SBSK), KPKNL Jakarta IV pada hari Kamis tanggal 6 Mei 2021 mengadakan kegiatan Sosialisasi kepada para perwakilan Satuan Kerja (Satker) yang menjadi target pengukuran di wilayah kerja KPKNL Jakarta IV. Agenda kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2021 yang dibagi ke dalam 2 (dua) sesi dengan total jumlah Satker yang diundang sebanyak 41 Satker. Kegiatan Sosialisasi ini dilaksanakan secara daring melalui media Zoom Meeting.

Acara Sosialisasi dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Jakarta IV Daniel H.P. Panggabean. Selanjutnya pemaparan materi disampaikan oleh Rachmat Alamsyah dari seksi PKN yang bertajuk “Sosialisasi Teknis Pengukuran SBSK BMN Tahun 2021”. Alam menyampaikan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini sehubungan dengan pelaksanaan analisis Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) terhadap Barang Milik Negara (BMN) pada Tahun 2021 sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 172/PMK.06/2020 tentang Standar Barang dan Standar Kebutuhan Barang Milik Negara. Disampaikan pula bahwa ruang lingkup kegiatan analisis SBSK tersebut di atas dilaksanakan terhadap BMN berupa:

a.   Tanah bangunan gedung kantor,

b.   Tanah rumah negara/mess/asrama/bungalow,

c.   Bangunan gedung kantor, dan

d.   Bangunan rumah negara/mess/asrama/bungalow.

Kegiatan pengukuran tingkat kesesuaian SBSK yang dimulai pada tahun 2020 serta dilanjutkan pada tahun 2021 ini bertujuan untuk terciptanya BMN yang optimal. BMN yang dioptimalkan dengan baik tentunya akan berdampak pada penghematan APBN yang dapat dialihkan untuk kegiatan yang pembangunan insfrastruktur untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sebagai langkah awal analisis SBSK, kepada para Satker diminta untuk mengisi data administratif BMN yang menjadi target analisis SBSK tahun 2021 pada formulir pendataan BMN. Dalam kegiatan sosialisasi ini, disampaikan petunjuk pengisian formulir dan teknis pelaksanaan SBSK BMN di lingkup Kerja KPKNL Jakarta IV.

Kegiatan Sosialisasi SBSK ini berjalan dengan lancar dan tertib. Sepanjang proses pengisian data administratif tersebut, KPKNL Jakarta IV akan melaksanakan penelitian fisik BMN target analisis SBSK tahun 2021 dengan tetap memperhatikan prosedur keamanan, perkembangan situasi, dan kondisi atas pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Teks/foto: HI dan PKN

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini