KPKNL Jakarta IV
Berita DJKN

KPKNL Jakarta IV Gelar Public Campaign Dalam Rangka Pengendalian Gratifikasi dan Gerakan Go Green.

Kamis, 04 April 2019   |   115 kali

Jakarta – Rabu (03/4) Public Campaign dalam rangka pengendalian gratifikasi adalah bentuk komitmen seluruh jajaran KPKNL Jakarta IV untuk menjaga integritas dan anti korupsi dalam setiap layanan yang diberikan. Untuk lebih dekat dengan masyarakat luas, KPKNL Jakarta IV melaksanakan kegiatan kehumasan berupa public campaign kepada masyarakat di Taman Margasatwa Ragunan. Kegiatan ini juga termasuk salah satu kegiatan KPKNL Jakarta IV dalam rangka pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan public campaign dikemas antara lain dengan pengenalan dan edukasi kepada masyarakat mengenai tugas dan fungsi KPKNL Jakarta IV sebagai bagian dari Kementerian Keuangan, kegiatan penanaman bibit pohon, pelaksanaan simulasi pelaksanaan lelang, pemberian stiker anti korupsi, dan bibit pohon kepada pengunjung Taman Margasatwa Ragunan.

Taman Margasatwa Ragunan dipilih karena merupakan tempat berlibur bersama keluarga bagi sebagian besar masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah penyerahan secara simbolis bibit pohon yang diserahkan oleh Sigit Prasetyo Nugroho selaku Kepala KPKNL Jakarta IV kepada perwakilan pengelola Taman Margasatwa Ragunan yaitu Sri Sundari selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan. Selanjutnya dilakukan penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian insan KPKNL Jakarta IV terhadap gerakan penghijauan. Bibit pohon yang ditanam adalah Ketapang Kencana (Terminalia mantaly). Bibit pohon lain yang diserahkan antara lain Leda (Eucalyptus Deglupta), Gorbaril, Kenari dan Sirsak.

Pelaksanaan simulasi lelang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu dengan cara memasarkan barang-barang yang sudah disiapkan oleh keluarga besar pegawai KPKNL Jakarta IV. Simulasi ini bertujuan sebagai pengenalan terhadap pelaksanaan lelang kepada keluarga besar KPKNL Jakarta IV dan juga pengunjung Taman Margasatwa Ragunan secara umumnya. Pelaksanaan lelang di pimpin oleh Pejabat Lelang secara bergantian dan harga barang yang ditawarkan dengan cara konvensional naik-naik. Dalam pelaksanaannya, para peserta lelang sangat antusias dan semangat dalam menawar barang. Acara simulasi pelaksanaan lelang selain menambah pengetahuan, wawasan dan pengalaman bagi keluarga besar KPKNL Jakarta IV juga memberikan pengenalan kepada pengunjung Taman Margasatwa Ragunan terhadap bagaimana pelaksanaan lelang yang dilakukan oleh KPKNL Jakarta IV.

Sebagai acara puncak adalah sosialisasi gerakan pengendalian gratifikasi yang dilakukan KPKNL Jakarta IV dengan cara memberikan bingkisan suvenir berupa stiker anti korupsi dan bibit pohon kepada para pengunjung Taman Margasatwa Ragunan. Melalui kegiatan pemberian bibit dan penanaman pohon diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya menjaga lingkungan dan melaksanakan penghijauan (Go Green). Pada pemberian suvenir ini disampaikan bahwa layanan di KPKNL Jakarta IV tidak dikenakan biaya selain biaya yang ditetapkan sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang anti korupsi. Dengan adanya penyebaran stiker Anti Korupsi diharapkan masyarakat teredukasi mengenai pentingnya anti korupsi tidak hanya pada pelayanan KPKNL Jakarta IV namun semangat anti korupsi yang meluas ke masyarakat.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 3440910
(021) 3448363
kpknljakarta4@kemenkeu.go.id