KPKNL Jakarta IV
Berita DJKN

KPKNL Jakarta IV Luncurkan SMS Center 0815-8684-8888 sebagai bentuk Inovasi Layanan Publik pertama di DJKN

Rabu, 27 Maret 2019   |   145 kali

Selasa (26/03/2019) Sebagai salah satu komitmen untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun ini. KPKNL Jakarta IV meluncurkan beberapa inovasi layanan. Inovasi layanan tersebut  bertujuan untuk memudahkan pengguna layanan dalam mengakses layanan yang diberikan. Salah satu inovasi KPKNL Jakarta IV yaitu menyediakan nomor khusus sebagai SMS Center. Untuk mengenalkan SMS Center ini kepada pengguna layanan, KPKNL Jakarta IV pada tanggal 26 Maret 2019 mengadakan sosialisasi inovasi pelayanan yang diadakan di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta IV. Acara ini diikuti perwakilan dari 50 satuan kerja (satker) di lingkungan KPKNL Jakarta IV dan dihadiri Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta.

 

Pada acara sosialisasi tersebut, Hady Purnomo selaku Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, menyampaikan bahwa perencanaan menuju WBK ini bukan hanya komitmen dari pihak KPKNL Jakarta IV saja melainkan bentuk sinergi dengan pengguna layanan atau stakeholder. Kanwil DJKN DKI Jakarta siap mendukung KPKNL Jakarta IV dalam memperoleh predikat WBK tersebut, salah satu bentuk kesiapan dukungan tersebut adalah dengan melakukan survei pengguna layanan kepada perwakilan satker yang hadir pada acara ini dan nantinya hasil survei tersebut sebagai bahan evaluasi dalam mengembangkan layanan yang ada di KPKNL Jakarta IV


Pada kesempatan tersebut, Sigit Prasetyo Nugroho, selaku Kepala KPKNL Jakarta IV menambahkan agar para pengguna layanan dapat memberikan penilaian yang benar agar nantinya penilaian tersebut dapat membantu KPKNL Jakarta IV untuk selalu meningkatkan pelayanannya. Beliau juga menyampaikan salah satu inovasi yang dibuat dalam rangka peningkatan pelayanan tersebut yaitu adanya SMS Center. SMS Center ini digunakan sebagai layanan pengaduan dan untuk meminta informasi layanan.

Untuk mengolah informasi yang masuk di SMS Center, KPKNL Jakarta IV mempunyai aplikasi Pengaduan yang khusus menerima pengaduan dari pengguna layanan. Aplikasi J4k-Info khusus menangani permintaan informasi dari pengguna layanan. Aplikasi J4k-Notif khusus menangani pemberitahuan informasi kepada pengguna layanan. Aplikasi J4k-Like khusus melakukan survei kepuasan pengguna layanan terhadap layanan yang diberikan KPKNL Jakarta IV.

Untuk layanan pengaduan, pengguna layanan dapat mengirimkan SMS pengaduan ke nomor 0815-8684-8888 dengan format SMS sebagai berikut: LAPOR isi_pengaduan. Pengguna layanan akan mendapat nomor tiket pengaduan secara otomatis. Dengan nomor tiket tersebut, pengguna layanan dapat mengecek tindaklanjut dari pengaduan yang disampaikan, dengan cara kirim SMS: INFO nomor_tiket.

Pengguna layanan yang mengajukan permohonan layanan kepada KPKNL Jakarta IV yang ingin secara aktif mengecek informasi sampai dimana tahapan permohonan, dapat menggunakan aplikasi J4k-Info yang tersedia di Area Pelayanan Terpadu (APT) KPKNL Jakarta IV. Pengguna layanan akan memperoleh nomor tiket yang dapat dicek melalui SMS. Kirim SMS ke nomor 0815-8684-8888 dengan format SMS sebagai berikut: INFO nomor_tiket. Pengguna layanan akan memperoleh balasan secara otomatis yang memberitahukan tahapan posisi permohonan.

Pengguna layanan yang mengajukan permohonan layanan kepada KPKNL Jakarta IV yang ingin diberitahukan jika permohonan layanan sudah selesai, dapat menggunakan aplikasi J4k-Notif yang tersedia di APT KPKNL Jakarta IV. KPKNL Jakarta IV akan mengirimkan SMS pemberitahuan bahwa layanan sudah selesai kepada pengguna layanan.

Pengguna layanan yang ingin menilai pelayanan KPKNL Jakarta IV dapat menggunakan aplikasi J4k-Like yang tersedia di APT KPKNL Jakarta IV. Hasil penilaian ini nantinya akan digunakan sebagai bahan evaluasi yang terus menerus dilakukan guna peningkatan pelayanan yang berkesinambungan.

Selain acara sosialisasi inovasi pelayanan di atas, KPKNL Jakarta IV juga memberikan penghargaan kepada Pemohon Lelang dengan pokok lelang terbesar untuk tahun 2018 serta sosialisasi terkait Pengarusutamaan Gender (PUG) pada KPKNL Jakarta IV. Acara sosialisasi diakhiri dengan sesi foto bersama dengan para peserta yang hadir.

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 10 Jakarta Pusat - 10410
(021) 3440910
(021) 3448363
kpknljakarta4@kemenkeu.go.id