Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kolaborasi “Kemenkeu Satu” DKI Jakarta Dalam Pemberdayaan UMKM
Sitti Asni
Rabu, 25 Mei 2022   |   954 kali

Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu komitmen Pemerintah. Sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi di masa pandemi Covid-19, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi pemulihan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu Pemerintah terus berupaya mengoptimalkan peran seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan dan memperkuat sektor tersebut.

Dalam rangka mendukung program pemerintah , belum lama ini program Kemenkeu Satu berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menggelar Bazar Ramadhan di Taman Lapangan Banteng. Acara tersebut diselenggarakan sejak tanggal 11 s.d. 20 April 2022, dimulai pukul 15.00-20.00 WIB. Ini adalah satu wujud kepedulian Kemenkeu melalui program Kemenkeu Satu dalam mendukung program Pemerintah untuk membangkitkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Program dukungan pemberdayaan UMKM Kemenkeu satu, merupakan salah satu upaya untuk memperkuat sinergi dan semangat kolaborasi antar unit di lingkungan Kementerian Keuangan Dan Sinergi bukan saja birokrasi antar unit eselon I dlingkungan Kementerian Keuangan melainkan juga dengan Pemerintah DKI Jakarta. Dengan terselenggaranya kegiatan pemberdayaan UMKM ini merupakan salah satu bentuk Sinergi.

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) sebagai salah satu Unit Eselon I di bawah Kementerian Keuangan turut berperan langsung dalam kegiatan tersebut dengan cara memberikan edukasi/sosialisasi kepada para pelaku UMKM dan masyarakat yang datang dari berbagai kalangan.

Dihari ketiga tepatnya Rabu tanggal 13 April 2022, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta III ikut hadir dalam memeriakan kegiatan Bazar Ramadhan yang diikuti para pelaku UMKM di Wilayah DKI Jakarta.

Keikut sertaan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III ini, adalah untuk  memberikan informasi terkait lelang dan mengedukasi para pelaku UMKM. Dan dalam kesempatan yang sama saudari Indah Dewi Restianti selaku pelelang ahli muda dan saudara Muhammad Rosyadi Akbar pelelang ahli pertama pada KPKNL Jakarta III juga membagikan brosur kepada mereka dan para pengunjung. Upaya ini dilakukan agar pelaku UMKM dalam mengembangkan produk UMKM mereka tetap bisa bertahan di masa Pendemi Covid-19 yang telah measuki tahun ketiga pada 2022 ini.

Dengan hadirnya program-program Pemerintah yang bertujuan untuk pemulihan dan penguatan UMKM, diharapkan melalui Kegiatan Ini para pelaku UMKM dan masyarkat pada umumnya paham dan mengerti akan penjualan barang secara lerlang, agar nantinya lelang bisa dijadikan sebagai sarana dalam menjual produk UMKM.

 


Asni-HI

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini