Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
FGD Pejabat Administrator Triwulan I Tahun 2022: Kuatkan Integritas dan Kesadaran Keamanan Informasi Pegawai
Muhamad Rizkiana Gumilang
Selasa, 29 Maret 2022   |   215 kali

Jakarta – Kamis (25/3) Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta III (KPKNL Jakarta III) telah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Pejabat Administrator Triwulan I Tahun 2022. Acara dilaksanakan secara daring dan dibuka oleh Kepala KPKNL Jakarta III. Selain sebagai pemimpin acara, Kepala KPKNL Jakarta III sekaligus bertindak sebagai penyaji materi. Kegiatan dimulai pukul 08.15 WIB, Bapak Des Arman membuka acara dan sebelum materi disampaikan memberikan sambutan kepada pegawai yang telah hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Beliau memberikan semangat kepada para Pejabat dan Pegawai di lingkungan KPKNL Jakarta III untuk terus bekerja secara optimal di masa pandemi dengan terus menerapkan nilai-nilai Kementrian Keuangan terutama Nilai Integritas. “Pada kesempatan ini kembali saya mengingatkan kepada seluruh punggawa KPKNL Jakarta III agar tetap jaga integritas dengan tidak menerima imbalan dari pihak manapun dan dalam bentuk apapun atas pekerjaan dan layanan yang diberikan kepada pengguna jasa. Sudah menjadi kewajiban kita memberikan pelayanan prima termasuk bersikap profesional, ramah, dan jujur walaupun tidak sedang diawasi oleh pimpinan. Meski pandemi dikabarkan mulai mereda, tetapi seluruh pegawai diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana yang telah dilaksanakan selama 2 tahun belakangan ini.

Memasuki acara inti, Des Arman menjabarkan materi dengan tema “Kemenkeu Dinamis, Berintegritas, dan Kolaboratif”. Pembahasan materi lebih difokuskan pada penguataan integritas di Kementerian Keuangan. Dijelaskan bahwa Pejabat Administrator dan Fungsional Madya merupakan Lini Pertama dalam penerapan integritas, yaitu diberi amanat regulasi sebagai berikut:

1. Sebagai Garda Terdepan penguatan Integritas

2. Memimpin seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi dan pembangunan

3. Lini terpenting dalam menerapkan KKI dan KK SPI

4. Memberikan keteladanan, pengawasan, dan pembinaan terkait kode etik dan kode perilaku

Penguatan integritas memiliki pengaruh kuat terhadap capaian dan tantangan kemenkeu di tahun 2022 sehingga diperlukan rencana aksi penguatan integritas sebagai tindakan preventif. Selanjutnya Kepala KPKNL Jakarta III melakukan pembinaan dengan mengingatkan seluruh pegawai untuk menjaga martabat diri dan juga organisasi dengan tetap terus menjaga integritas. Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI mengatakan, "Komitmen terhadap integritas tidak boleh dikompromikan dan harus selalu menempati top of mind".

Dalam sesi berikutnya, disampaikan bahasan mengenai antisipasi terhadap serangan dan ancaman pada sistem informasi Kemenkeu, dampak gangguan keamanan informasi, tanggung jawab pegawai, dan etika dalam berinternet. Materi ini bertema “Membangun Kesadaran Keamanan Informasi”. Pembahasan terkait kondisi keamanan informasi nasional dan global yang menunjukkan bahwa terjai peningkatan serangan siber yang mengarah pada teknologi informasi Kementerian Keuangan. Jumlah total percobaan serangan yang terdeteksi adalah 3.858.802 kali, dimana semua traffic percobaan tersebut telah berhasil digagalkan oleh perangkat keamanan yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan. Mengingat banyaknya serangan dan ancaman pada sistem informasi Kementerian Keuangan, maka pegawai Kementerian Keuangan harus memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan informasi dimulai dari keamanan akun pribadi Kementerian Keuangan dengan melakukan penggantian password secara rutin berkala maksimal setiap tiga bulan, menginstal dan memperbarui antivirus, tidak menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya, tidak sembarangan mengakses link/tautan yang mencurigakan, serta tidak sembarangan menggunakan wifi di tempat umum.

 

Teks/Foto : Rizgum

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini