Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kemeriahan Gebyar Lelang UMKM
Muhamad Rizkiana Gumilang
Jum'at, 25 Maret 2022   |   186 kali

Jakarta – Rabu (24/3) KPKNL Jakarta III turut memeriahkan acara puncak 114 Tahun Lelang Indonesia. Makna perayaan 114 tahun lelang Indonesia menunjukan bahwa Lelang telah hadir di Indonesia kurang lebih selama 114 tahun sebagaimana ketentuan aturan peralihan Pasal II Undang-Undang Dasar 1945, Vendu Reglement Staatblad 1908 nomor 198 yang masih berlaku sampai dengan saat ini di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peraturan tersebut yang menjadi dasar dalam pelaksanaan lelang di Indonesia.

Perkembangan teknologi informasi dan pesatnya kegiatan ekonomi digital dewasa ini, mendorong insan DJKN untuk berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan menebar kebermanfaatan seluas-luasnya bagi masyarakat. Sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia, DJKN semakin gencar mempromosikan fitur lelang UMKM pada Aplikasi Lelang Indonesia. Lelang UMKM memberikan kesempatan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah untuk dapat memasarkan produknya secara lebih luas. Produk yang akan dilelang akan “diiklankan” pada website lelang.go.id yang mencakup seluruh wilayah Indonesia selama memiliki akses intenet. Hal ini tentu berdampak pada meningkatnya brand awarness suatu produk di masyarakat dan potensi penjulan yang semakin tinggi kedepannya.

Mengusung tema “Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia”, secara serempak DJKN melaksanakan Gebyar Lelang UMKM dengan melelang sebanyak 1599 produk UMKM yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Adapun pada kesempatan kali ini KPKNL Jakarta III bersama Akira Widayanti selaku pengusaha UMKM skala rumahan dengan usaha pembuatan peyek, jahe instan, dan masker kain mendaftarkan produknya untuk dilelang oleh KPKNL Jakarta III. Sebanyak empat paket barang, yakni 1 paket masker kain, 3 paket peyek aneka rasa dan minuman jahe instan dilelang dengan nilai limit yang sangat terjangkau dan tanpa uang jaminan. Artinya, dalam pelaksanaan lelang tersebut, para peserta lelang dapat mengikuti pelaksanaan lelang tanpa menyetporkan uang jaminan terlebih dahulu. Hasil dari pelaksanaan lelang ini Akira berhasil menjual seluruh paket barang yang ditawarkan dan laku terjual dengan nilai laku lelang seluruhnya sebesar Rp585.000,00.

Apabala dicermati bahwa nilai yang terbentuk dalam pelaksanaan lelang tersebut sangat menguntungkan dalam penjualan sebuah produk peyek dan masker kain skala rumahan. Akira dapat menekan biaya promosi dan pemasaran tetapi dengan cakupan pasar yang sangat luas. Terlebih lagi apabila pembeli menyukai produk-produk dari Akira, maka kedepannya Akira akan mendapatkan semakin banyak pelanggan yang loyal dalam memesan produknya secara berkelanjutan.

Kegiatan lelang UMKM ini akan dilaksanakan secara rutin oleh KPKNL Jakarta III dengan harapan dapat turut memberikan kontribusi bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional terutama pada sektor UMKM yang sempat terpukul akibat adanya pandemi. Hal tersebut sejalan dengan agenda Presidensi G20 yaitu antara lain mendorong produktivitas, mendukung ekonomi, keuangan inklusif dan meningkatkan akses, serta mengoptimalkan jangkauan pemasaran produk UMKM melalui pemanfaatan teknologi.

Teks/Foto : Rizgum

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini