Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sehari Bersama DJKN, KPKNL Jakarta III Persembahkan Gerai Layanan Virtual Kepada Pengguna Jasa
Muhamad Rizkiana Gumilang
Sabtu, 14 November 2020   |   244 kali

Jakarta – Masih dalam rangkaian acara perayaan HUT DJKN yang ke-14, Kamis (12/11) Direkorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menggelar “Pesta Layanan” yang berkonsep Gerai Layanan Virtual dan diselengarakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Acara ini dimeriahkan serentak oleh seluruh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) yang tersebar di berbagai kota, termasuk KPKNL Jakarta III. Berbagi kegiatan dan kreatifitas seputar inovasi layanan yang berorientasi pada perbaikan dan kemudahan ditampilkan dalam acara tersebut.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB, Isa Rachmatarwata memberikan sambutan sekaligus membuka acara. “Pelayanan adalah seni, yaitu bagaimana layanan dapat diterima dan memberikan kepuasan kepada pengguna jasa sehingga bukan hanya memberikan nilai atas hal yang diperlukan tetapi juga dapat memberikan kenyamaanan”, ujar beliau. DJKN berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jasa dengan terus melakukan inovasi layanan. Salah satu contoh inovasi layanan yang telah dilaksanakan adalah pelaksanaan lelang virtual di masa pandemi covid-19.

Selanjutnya, pada pukul 09.00, Des Arman, Kepala KPKNL Jakarta III membuka Gerai Layanan Virtual KPKNL Jakarta III. Dalam sambutanya, beliau meyampaikan Gerai layanan virtual adalah embrio virtual office sebagai klinik layanan unggulan berbasis digital. Diharapkan dalam kesempatan ini KPKNL dan pengguna jasa dapat saling berdiskusi, memberikan pertanyaan seputar tusi DJKN ataupun memberikan masukan bagi KPKNL Jakarta III untuk perbaikan layanan. “Kami sangat terbuka terhadap masukan dan saran terhadap pelayanan kami. Kiranya kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk selalu melakukan perbaikan dan menjadi media yang dapat mengakomodir kebutuhan pengguna jasa terhadap layanan KPKNL Jakarta III. Kedepannya kami akan upayakan kembali kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan seminggu sekali”.

Rangkaian acara yang pertama pada kegiatan Gerai Layan Virtual di KPKNL Jakarta III adalah lelang produk UMKM. Lelang kali ini berlangsung sangat menarik karena diadakan secara open bidding sehingga peserta lelang dapat secara langsung memonitor pergerakan kenaikan harga penawaran. Beberapa penawaran lot lelang berlangsung cukup sengit. Terjadi saling balas penawaran hingga terbentuklah nilai penawaran yang optimal pada batas waktu yang telah ditentukan yaitu tepat selama 120 menit lelang berlangsung. Pejabat lelang resmi menutup lelang dan menetapkan pemenangnya. Dengan demikian para pemenang lelang harus melunasi pokok lelang ditambah bea lelang pembeli sebesar 2% dalam jangka waktu 5 hari kerja terhitung setelah ditetapkan sebagai pemenang. Apabila pemenang lelang tidak melunasi dalam jangka tersebut, maka akan ditetapkan sebagai pemenang lelang wanprestasi dan uang jaminannya akan disetorkan ke kas negara.

Berlanjut ke acara berikutnya, adalah Coaching Clinic seputar layanan unggulan di KPKNL Jakarta III. Peserta yang hadir dalam Gerai Layanan Virtual KPKNL Jakarta III mendapatkan kesempatan berdiskusi dengan seksi teknis terkait. Jalannya diskusi dipandu oleh Ahmad Elazar, Kepala Seksi Kepatuhan Internal, sebagai moderator. Adapun seksi Pelayanan Lelang dikomandoi oleh Robert Bonar selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang, seksi Piutang Negara dikomandoi oleh Morina Masri, selaku Kepala Seksi Piutang Negara, Seksi Pelayanan Lelang dikomandoi oleh Ahmad Fauzi, selaku Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, dan Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dikomandoi oleh Endah Ferdiana selaku Kepala Seksi PKN. Jalannya diskusi berlangsung menarik, beberapa pertanyaan dan saran disampaikan oleh peserta. Salah satu yang paling menarik adalah pertanyaan Ibu Dyah dari satuan kerja Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta yaitu pertanyaan mengenai pelaksanaan lelang yang telah ketiga kalinya dilaksanakan untuk barang yang sama karena pemenang lelang tidak melunasi kewajiba pelunasannya (wanprestasi).

Sebelum acara ditutup, panita memutarkan beberapa video yang melengkapi pemahaman peserta terhadap tusi DJKN sebagai pengelola barang, Beberapa video yang diputar diantaranya video profi KPKNL Jakarta III, Video Pesan Direktur Jenderal Kekayaan Negara dan Video Profil Stadion Gelora Bung Karno sebagai salah satu Aset Negara yang dimiliki Indonesia hinggal pukul 11.00 WIB acara resmi ditutup.

 

Teks/Foto :Rizgum

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini