Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Sebagai Opsi Efektif Pemasaran Produk UMKM di Masa Pandemi Covid-19
Muhamad Rizkiana Gumilang
Kamis, 12 November 2020   |   463 kali

Jakarta – Pandemi Covid-19 yang sedang melanda di berbagai belahan dunia memberikan dampak negatif terhadap perekonomian, termasuk di Indonesia. Perlambatan geliat perekonomian memberikan pukulan telak pada berbagai sektor bisnis hingga banyak usaha yang harus gulung tikar, terutama pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Padahal, sektor UMKM memiliki peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Sebagaimana disebutkan berbagai sumber, bahwa 99% unit usaha di Indonesia merupakan sektor UMKM dan memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja sebesar 97%.

Pemerintah telah mencanangkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan memberikan bantuan tunai maupun dukungan kebijakan dan peraturan yang mendukung pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya di tengan pandemi covid-19. Termasuk Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), sebagai unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan turut berupaya dalam membangkitkan perekonomian Indonesia. Melalui unit vertikalnya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, DJKN menyusun beberapa program untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional yang salah satunya adalah Pelaksanaan Lelang Sukarela Produk UMKM.

Selasa, (9/11), masih dalam rangkaian perayaan HUT DJKN ke-14, KPKNL Jakarta III menggelar acara Virtual Open House dan Sosialisasi Lelang Produk UMKM sebagai tindak lanjut program Pemulihan Ekonomi Nasional. Acara dibuka oleh Hadiyanto, Kepala Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta. Beliau menjelaskan bahwa Program Pemulihan Ekonomi Nasional dapat mengurangi dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Kemenkeu mendukung upaya Pemulihan Ekonomi Nasional, salah satunya melalui kegiatan lelang sukarela atas produk UMKM dalam rangka membangkitkan, melindungi, dan mempertahankan kemampuan UMKM dalam merespon penurunan aktifikas masyarakat. DJKN memberikan kesempatan bagi pelaku usaha UMKM untuk berkolaborasi dengan KPKNL yang tersebar di berbagi kota di Indonesia.

Selanjutnya, Des Arman, Kepala Kantor KPKNL Jakarta III mengatakan bahwa lelang dapat menjadi opsi yang efektif dalam pemasaran produk UMKM di tengan pandemi covid-19 yang melanda negeri ini. Lelang memungkinkan pelaku usaha UMKM menjangkau area pemasaran yang lebih luas bukan hanya dalam wilayah pemasaran lokal melainkan dapat mencapai wilayah nasional. Diharapkan dengan pemasaran melalui aplikasi lelang.go.id dapat menguntungkan bagi seluruh pihak yang terlibat. Penjual akan mendapatkan harga penarawan yang maksimal karena lelang dilaksanakan secara terbuka dan transparan di hadapan pejabat lelang. Sementara bagi pembeli akan mendapatkan barang dengan kualitas yang baik dengan transaksi yang mudah dan aman karena lelang dapat diikuti dari mana saja selama tersedia koneksi internet. Begitupun kepada negara turut mendapatkan kontribusi PNBP Bea Lelang yang seluruhnya akan disetor ke kas negara.

General Manager Sarinah turut mengapresiasi kegiatan ini. Beliau menceritakan bahwa meskipun saat ini mall-mall di Jakarta sudah mulai dibuka, tetapi penjualan offline masih terbilang sepi. Sarinah mendapat mandat dari pemerintah untuk membina dan membantu UMKM dari sisi pemasaran dan pembinaan lainnya untuk mengangkat produk UMKM Indonesia. Dirinya menyambut baik kerja sama ini dan diharapkan dapat terjalin hubungan yang berkelanjutan dengan lebih banyak UMKM yang terlibat.

Acara dilanjutkan dengan virtual open house, Mbak Keke sebagai pembawa acara menampilkan berbagai jenis produk UMKM diantaranya perhiasan mutiara, aksesoris, jilbab dan produk lainnya. Produk yang paling menjadi perhatian peserta open house adalah perhiasan mutiara yang terdiri dari berbagai kualitas dengan nilai limit yang bervariasi.  

Terakhir, Robert Bonar, Pejabat Lelang Kelas I KPKNL Jakarta III memberikan sosialaisasi mengenai tata cara permohonan lelang, pendaftaran akun lelang dan mekanisme pelaksanaan lelang. Penjelasan menarik yang disampaikan memancing antusias peserta sehingga sesi tanya jawab berlangsung sangat meriah. Beberapa pertanyaan dilontarkan peserta yang semakin memberikan pemahamam kepada seluruh peserta yang mengikuti acara ini.

Sebagai informasi penutup, Pelaksanaan Lelang Produk UMKM akan diselenggarakan pada hari Kamis, 12 November 2020 melalui website lelang www.lelang.go.id/kantor/49/KPKNL-Jakarta-III dan akan disiarkan langsung melalui aplikasi zoom dengan meeting id 710 168 7491, password: GLV.

Tek/Foto: Rizgum

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini