KPKNL Jakarta III
Berita DJKN

Peran DJKN Dalam Melanjutkan Cita-Cita dan Perjuangan R.A. Kartini Meningkatkan Emansipasi Wanita

Jum'at, 26 April 2019   |   141 kali

Jakarta - Setiap tahunnya kita merayakan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa seorang Pahlawan Kemerdekaan Nasional, yakni R.A. Kartini yang merupakan pejuang emansipasi wanita bagi bangsa Indonesia yang pada kala itu kental dengan budaya patriarki. Pada tanggal 22 April 2019, semangat dalam menciptakan kesetaraan gender tersebut kini diwujudkan kembali oleh Kanwil DJKN DKI Jakarta dengan mengadakan perayaan Hari Kartini yang turut diikuti oleh pegawai DJKN pada tiap Unit Kantor Vertikal DJKN pada Kanwil DKI Jakarta, termasuk pegawai KPKNL Jakarta III.

Bertempat di Pendopo Kanwil DJKN DKI Jakarta sekaligus menjadi acara pertama yang diadakan di pendopo pasca renovasi, perayaan Hari Kartini dilaksanakan dengan diawali oleh sambutan dari Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Hady Purnomo, yang mengingatkan kembali betapa pentingnya untuk memahami sejarah dari Hari Kartini. Tanggal 21 April dirayaakan sebagai Hari Kartini sebagai bentuk penghormatan atas Jasa R.A. Kartini yang lahir pada tanggal 21 April 1879. Beliau memperjuangkan emansipasi wanita melalui surat-suratnya yang dituliskannya untuk para teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Surat-surat yang berisi dengan harapan akan setaranya harkat dan martabat antara kaum pria dan wanita tersebut kemudian dibukukan oleh teman-temannya yang berada di Belanda dan menerbitkannya dengan judul Door Duisternis tot Lich yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang. “Semangat perjuangan R.A. Kartini dalam meningkatkan emansipasi wanita juga dimiliki oleh DJKN dengan adanya Pengarusutamaan Gender (PUG) dan mulai bertambahnya jumlah pejabat eselon wanita pada DJKN” tambah Hady mengingatkan. Selain itu, perlu dipahami bahwa kesetaraan gender tidak hanya terkait pada hak saja, tapi pada kesetaraan dan kesamaan peran antara pria dan wanita dalam berbagai bidang, termasuk dalam bekerja di lingkungan DJKN.

Perayaan dilanjutkan dengan serangkaian lomba busana daerah terbaik dan lomba yel-yel yang diikuti oleh tiap Unit Kantor Vertikal DJKN pada Kanwil DKI Jakarta. Para peserta terdiri dari para pegawai wanita, baik pegawai tetap maupun pegawai OJT yang mewakili masing-masing unitnya. Hasil penilaian Juri yang terdiri dari perwakilan masing-masing unit tersebut (Kanwil DJKN DKI Jakarta, dan KPKNL Jakarta I-V) memutuskan bahwa urutan pemenang secara keseluruhan dari berbagai serangkaian lomba tersebut ialah KPKNL Jakarta III sebagai Juara Pertama, KPKNL Jakarta V sebagai Juara Kedua, KPKNL Jakarta IV sebagai Juara Ketiga, KPKNL Jakarta I sebagai Juara Harapan Pertama, KPKNL Jakarta II sebagai Juara Harapan Kedua, dan Kanwil DJKN DKI Jakarta sebagai Juara Harapan Ketiga. Perayaan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada masing-masing perwakilan unit serta acara foto bersama.


Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 (dahulu Jl.Prapatan Nomor 10), Senen, Jakarta Pusat - 10410
(021) 34835229
(021) 3848058
kpknljakarta3@kemenkeu.go.id