Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Optimalisasi Aset Negara dengan Pengelolaan BMN yang berkesinambungan
Nelawati
Kamis, 25 Oktober 2018   |   442 kali

Jakarta. Dalam rangka tertib fisik, tertib administrasi dan tertib hukum serta tingkatkan PNBP dalam rangka optimalisasi, bertempat di Aula Kanwil DJKN DKI Jakarta , KPKNL Jakarta III, hari Rabu tanggal 24 Oktober 2018 pukul 08.30 WIB, mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Negara dan Wasdal BMN kepada Satuan Kerja di wilayah kewenangan KPKNL Jakarta III.

 

Acara dibuka oleh Kepala KPKNL Jakarta III,  Bapak Dharma Setiawan H. Dalam sambutannya beliau menyambut baik diadakannya sosialisasi ini ini mengingat masih banyaknya aset negara yang belum dimanfaatkan, masalah pensertipikatan tanah karena masih banyak status tanahnya yang belum jelas serta banyaknya BMN berupa tanah dan/atau bangunan atau selain tanah dan/atau bangunan yang belum diajukan Penetapan Status Penggunaannya.

 

Dengan diadakannya sosialisasi ini, semoga semakin banyak aset negara yang dimanfaatkan, dan para satker agar segera mengajukan usulan Penetapan Status Penggunaan BMN sehingga dapat segera dioptimalkan pemanfaatannyademikian harapan Dharma Setiawan H, menutup sambutannya.

 

Selanjutnya, Ibu Endah Fariana, Kepala Seksi PKN,  dalam paparannya menjelaskan mengenai urgensi untuk segera mengajukan PSP (Penetapan Status Penggunaan) bagi Satker yang belum mengajukan karena aset negara belum bisa dimanfaatkan apabila belum mengajukan PSP.

 

Acara berlanjut dengan presentasi mengenai Kebijakan Umum Pengelolaan BMN yang disampaikan oleh Sdr. Deneb Pebrianto. Dalam paparannya, pegawai pada seksi PKN ini menyampaikan beberapa poin penting mengenai pengelolaan BMN yang salah satunya tentang siklus BMN.

“kalau teman-teman dari Satker sudah menguasai siklus ini, bisa dikatakan teman-teman sudah memahami pengelolaan BMN secara keseluruhan” demikian disampaikan oleh pria yang dikenal ramah dan murah senyum ini.

 

Setelah diselingi dengan istirahat dan makan siang, sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian penjelasan mengenai PMK 52/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pengawasan dan Pengendalian Barang Milik Negara, oleh Sdri. Cita.

Secara keseluruhan acara berlangsung tertib, terlihat santai namun serius, terlihat dengan banyaknya perwakilan satker yang mengajukan pertanyaan dan tampak puas dengan jawaban yang diberikan oleh rekan-rekan dari seksi PKN, karena seperti yang disampaikan Deneb, kita semua berada disini adalah untuk belajar bersama, dan saling tukar pengalaman dalam pengelolaan BMN di satker masing-masing.

 (Penulis: Nelawati /Seksi HI KPKNL Jakarta III)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini