Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Perayaan 114 Tahun Lelang Indonesia, Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia
Dimas Aulia Tanaya
Rabu, 02 Maret 2022   |   303 kali

Jakarta, 28/02/2022 – Lelang merupakan istilah sebuah transaksi jual beli dengan sistematika khusus. Lelang didefinisikan sebagai penjualan barang yang terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis dan/atau lisan yang semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi, yang didahului dengan pengumuman lelang. Tanggal 28 Februari 1908 merupakan hari bersejarah bagi dunia lelang di Indonesia. Pada hari itu, kelahiran sistem lelang di Indonesia di tandai dengan diundangkannya Vendu Reglement (VR) sebagai dasar hukum penjualan secara lelang di Indonesia. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagai unit yang memiliki kewenangan dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan lelang, melakukan peringatan 114 tahun lelang dengan tujuan untuk memeriahkan dan meningkatkan euforia perayaan atas perkembangan lelang Indonesia selama 114 tahun.

Perayaan 114 Tahun lelang kali ini mengambil tema “Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia”. Logo perayaan pada tahun ini dibuat dengan konsep futuristik yang menggambarkan kondisi saat ini yaitu “Lelang Indonesia yang semakin modern, beradaptasi dengan berkembangnya teknologi, dan menerapkan unsur-unsur digitalisasi dalam proses lelang.”

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan perayaan 114 lelang Indonesia. Kegiatan tersebut terdiri dari Bulan Sinergi dan Edukasi Lelang yang telah dilaksanakan sejak 15 Februari 2021 hingga 8 Maret 2022 nanti. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat terkait berbagai bidang yang berkaitan dengan pelaksanaan lelang. Informasi-informasi tersebut di antaranya terkait kepailitan, pengenaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Sectoral Risk Assessment (SRA) terkait Jasa Lelang, dan Pertanahan/Agraria.

Selain pelaksanaan Bulan Sinergi dan Edukasi Lelang, sebagai puncak perayaan 114 Tahun lelang akan dilaksanakan Lelang Serentak UMKM pada tanggal 24 Maret 2022. Kegiatan ini akan di rangkaikan dengan Pencanangan Kompetisi dan Inovasi Lelang Sukarela UMKM (KEDAI Lelang UMKM) 2022. Pelaksanaan Lelang Serentak UMKM tersebut mendukung salah satu inisiatif strategis Kementerian Keuangan yakni terkait dengan program Pemberdayaan UMKM. Pelaksanaan lelang dilakukan secara serentak melalui Aplikasi Lelang “lelang.go.id” dengan penawaran tertutup (closed bidding).

Kegiatan Lelang Serentak UMKM ini menjadi momentum untuk meningkatkan potensi penyelenggaraan lelang sukarela. Inovasi, kreativitas, dan kerja sama yang baik merupakan hal yang dapat dioptimalkan pada sektor lelang sukarela. Melalui acara puncak ini diharapkan dapat meningkatkan gairah baik bagi peserta maupun penjual untuk terus mengikuti lelang-lelang berikutnya.

Kedai Lelang UMKM ini merupakan bentuk inovasi pelaksanaan lelang yang menjadikan sistem lelang sebagai dasar transaksi jual beli produk-produk lokal UMKM. Diharapkan kedepannya terus bermunculan ide-ide kreatif, inovatif, dan solutif untuk membangun sistem lelang yang lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman. Saat ini pula, lelang telah dilaksanakan secara daring melalui lelang.go.id, sehingga setiap masyarakat yang berada dimanapun dapat mengikuti lelang termasuk juga membeli produk UMKM melalui Kedai Lelang UMKM. Ayo semua ikut lelang, meriahkan puncak acara tanggal 24 Maret 2022, Pulih dan Bangkit Bersama Lelang Indonesia.

Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini