Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
BRI Auction Day (Lelang Eksekusi Hak Tanggungan, Lelang Sukarela dan Edukasi Lelang)
Moh. Luthfi Rosyadi Muhtar
Jum'at, 03 Mei 2019   |   437 kali

Jakarta – Pada hari Kamis (02/05/2019) bertempat di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta diselenggarakan BRI Auction Day yang merupakan kerjasama antara KPKNL Jakarta II dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI). Pelaksanaan BRI Auction Day digagas sebagai wujud kemitraan kedua instansi dalam rangka menggugah animo masyarakat terhadap kegiatan lelang pada umumnya sebagaimana disampaikan oleh Kurnia Ratna Cahyanti yang akrab disapa Antien sebagai Kepala KPKNL Jakarta II.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat yang belum mengenal lebih jauh tentang lelang. BRI Auction Day terdiri dari pelaksanaan lelang eksekusi pasal 6 Undang-undang Hak Tanggungan (UUHT) dan lelang non eksekusi sukarela.

Pukul 07.30 WIB Peserta Lelang mulai memenuhi area parkir Kanwil DJKN DKI Jakarta dan mulai melihat-lihat barang-barang yang akan dilelang di tempat barang yang akan dilelang dipamerkan. Terdapat 71 (Tujuh puluh satu) barang yang akan dilelang secara sukarela seperti peralatan rumah tangga, alat-alat elektronik, barang-barang fashion dan sebagainya.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Kepala KPKNL Jakarta II, dan dilanjutkan oleh Firmansyah, Kepala Divisi RPK PT. BRI yang  berharap sinergi dan kerjasama ini dapat berlanjut pada masa yang akan datang dengan tujuan utama menarik minat masyarakat umum untuk membeli properti melalui lelang sebagai sarana jual beli barang yang dapat dipercaya. Menegaskan apa yang telah disampaikan oleh Kepala KPKNL Jakarta II bahwa kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilakukan secara rutin minimal setiap tahun sekali dan nantinya dapat menjadi pilot project bagi PT. BRI di wilayah lain di seluruh Indonesia untuk dapat menyelenggarakan kegiatan serupa.  

Kemudian acara berikutnya adalah sambutan Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Hady Purnomo, yang menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalisasi recovery bermasalah dan meningkatkan minat masyarakat terhadap lelang eksekusi Hak Tanggungan dari BRI sekaligus membuka acara pada pagi hari ini.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi edukasi tentang lelang oleh Irwan Kusuma Pelelang dari KPKNL Jakarta II, Irwan menjelaskan mengenai tata cara pelaksanaan lelang secara detail dan jelas. Dijelaskan juga tentang proses pra lelang, ketika lelang dan pasca lelang.

Acara BRI Auction Day Lelang Eksekusi Hak Tanggungan, Lelang Sukarela dan Edukasi Lelang diikuti oleh Pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta, Pegawai PT. BRI, serta masyarakat umum. Minat dari para pengunjung cukup tinggi dengan membludaknya calon peserta lelang yang rela mengantri untuk dapat menyetor uang jaminan agar bisa mengikuti lelang, bahkan sampai pendaftaran diberhentikan karena sampai dengan menjelang waktu pelaksanaan lelang dimulai, peminat masih terus ada yang ingin mendaftar.

Pelaksanaan lelang sukarela dibagi menjadi 3 (tiga) sesi dengan sesi pertama dipandu oleh M. Junaidy Efendy dengan Pejabat Lelang Theodora Wijayanti, kemudian sesi kedua dilanjutkan oleh Irwan Kusuma serta sesi ketiga dengan Irfan Fitri Arianto sebagai Pejabat Lelang. Penawaran lelang yang dilakukan oleh peserta lelang sangat kompetitif terlihat dengan ludesnya seluruh objek lelang yang laku dengan perbandingan nilai pokok lelang dengan nilai limit mencapai 156% (seratus lima puluh enam persen).

Kegiatan BRI Auction Day ditutup oleh M. Junaidy Efendy selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta II yang  menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. BRI serta seluruh peserta kegiatan baik dari lingkup pegawai se-Kanwil DJKN DKI Jakarta serta masyarakat umum yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan sangat antusias. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat pengetahuan kepada masyarakat umum tentang lelang terutama lelang Undang-undang Hak Tanggungan pasal 6 dengan metode e-Auction dan e-Konvensional, serta dapat menarik minat masyarakat untuk dapat memanfaatkan lelang DJKN sebagai sarana Jual Beli yang dapat dipercaya. (HI-Luth) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini