Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Evaluasi Portofolio Aset BMN Untuk Memaksimalkan Potensi Aset BMN
Ozon Rizka Rizaludin
Senin, 28 Juni 2021   |   196 kali

Sleman - Untuk mewujudkan salah satu misi DJKN yaitu mewujudkan optimalisasi penerimaan,efisiensi pengeluaran, dan efektivitas pengelolaan kekayaan Negara. KPKNL Jakarta I selaku Kuasa Pengelola Barang melakukan upaya peningkatan mutu pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) melalui evaluasi kinerja Portofolio Aset.

Dengan selalu menegakkan protokol kesehatan pada hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 tim dari KPKNL Jakarta I melakukan evaluasi kinerja Portofolio Asset BMN milik Satker Ombudsman RI Perwakilan DI Yogyakarta. Aset BMN tersebut berupa tanah dan bangunan rumah dinas yang berlokasi di Jalan Affandi CT X/II, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman.

Evaluasi kinerja Portofolio Asset BMN dilakukan secara sistematis dan terukur dengan mempertimbangkan 6 (enam) indikator yaitu kepentingan umum, manfaat sosial, kepuasan pengguna, potensi penggunaan masa mendatang, kelayakan finansial, dan kondisi teknis. Evaluasi kinerja dilaksanakan melalui pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, serta pelaporan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode wawancara, observasi, survei, dan data sekunder. Sedangkan pengolahan data dan analisis data menggunakan aplikasi portofolio aset.

Nikko Trisnawan selaku perwakilan dari Tim KPKNL Jakarta I dalam pemaparan dihadapan Kepala Perwakilan Ombudsman Yogyakarta menyampaikan bahwa berdasarkan hasil evaluasi penggunaan BMN di Ombudsman DI Yogyakarta kurang optimal, karena dari lahan seluas 895 m2 hanya dimanfaatkan sebesar 240 m2, luasan tersebut dipergunakan sebagai rumah dinas pegawai. Seharusnya lahan yg tidak terpakai bisa dioptimalkan penggunaanya/disewakan untuk tempat ATM mengingat lokasi tanah tersebut cukup strategis yang berada di pinggir jalan utama Kabupaten Sleman. Kepala Perwakilan Ombudsman DI Yogyakarta Budi Masthuri mengapresiasi hasil evaluasi dan saran yang disampaikan, pihaknya berjanji akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar sisa lahan yang idle bisa dimanfaatkan dengan lebih optimal. (HI JackOne)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini