Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Online, Win Win Solution Bagi Penjual dan Pembeli
Waode Ernawati Ajasma
Selasa, 10 Maret 2020   |   373 kali

Jakarta, 4 Maret 2020 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta 1 sukses laksanakan lelang eksekusi pajak. Objek Lelang Eksekusi Pajak berupa kendaraan roda empat Daihatsu Terios Manual tahun 2007 warna hitam laku terjual. Kendaraan tersebut adalah milik Wajib Pajak (WP) yang menunggak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Menteng 3. Penjualan melalui Lelang Eksekusi Pajak oleh KPP Jakarta Menteng 3 ini adalah tahap akhir pengurusan piutang pajak dari wajib pajak. Mulai dari tahap teguran lisan, teguran tertulis dan peringatan.

Lelang dilaksanakan di ruang rapat lantai II KPP Jakarta Menteng 3 di Jalan Kwini Nomor 7, Senen, Jakarta Pusat. Lelang yang dilaksanakan secara Close Biding ditutup pada tanggal 4 Maret 2020 pukul 11.29 WIB. Dibuka dengan nilai limit sebesar Rp67.473.000,00 penjualan berhasil menembus angka 112% dari nilai limit. Lydia Octawidawaty Sinurat yang ditunjuk sebagai Pejabat Lelang Eksekusi pajak membuka hasil penawaran pukul 11.45 WIB dengan disaksikan oleh Jurusita Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Jakarta Menteng 3, Puji Utomo. Hadir juga dalam pelaksanaan Lelang ini Kasubag Umum KPP Jakarta Menteng 3, Manuju Manularang sebagai saksi dari pihak penjual.

Lelang Close Biding ini berakhir dengan penetapan pemenang yang melakukan penawaran sebesar Rp75.505.505. Diakhir pelaksanaan lelang, Lydia menyampaikan kembali pada KPP Jakarta Menteng 3 terkait bea lelang penjual sebesar 2% dari nilai barang yang laku terjual lelang.

Puji Utomo Jurusita Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Jakarta Menteng 3 selaku pejabat penjual mengungkapkan bahwa dengan adanya E-auction, penjualan melalui lelang memberi keuntungan untuk kedua belah pihak. “Dengan adanya lelang internet ini pembeli dapat melakukan penawaran dengan bebas tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Sehingga hasil penjualan barangpun akan memperoleh nilai yang optimal”. Beliau sangat mengapresiasi adanya E-auction yang menjadi solusi pemerintah dalam mempermudah pelaksanaan lelang. “Tak perlu repot- repot datang ke tempat lelang sudah bisa dapatkan barang bagus dengan harga minimum” tambahnya. Kedepannya diharapkan dengan adanya lelang internet (e-auction) dapat menjadi penopang PNBP.

Oleh karena itu dalam memperingati 112 tahun lelang DJKN terus berusaha mengenalkan lelang internet (e-auction) agar lelang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Situs lelang resmi DJKN bisa dilihat di www.lelang.go.id atau aplikasi “Lelang Indonesia” berbasis android yang bisa diunduh di Google Playstore. Sales Means Auction, Ingat Belanja Ingat Lelang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini