Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SHARING SESSION TUGAS DAN FUNGSI KPKNL JAKARTA I
Ozon Rizka Rizaludin
Rabu, 13 Maret 2019   |   1723 kali

Jakarta - KPKNL Jakarta I mengadakan sharing session mengenai tugas dan fungsi setiap bidang di KPKNL kepada  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sedang melaksanakan On the Job Training (OJT) di KPKNL Jakarta I. Kegiatan ini dimulai sejak adanya pegawai OJT yang magang di KPKNL Jakarta I bulan Februari 2019.  Masing-masing Kepala Seksi dan Kasubag Umum melakukan pemaparan pekerjaan sehari-hari sehingga peserta OJT bisa memahami pekerjaan yang ditangani oleh KPKNL Jakarta I.

Kepala KPKNL Jakarta I, Andy Pardede mengatakan bahwa kegiatan ini perlu dilakukan agar pegawai baru bisa memahami tugas dan kewajiban apa saja yang akan mereka hadapi. Andy juga membagikan pengalaman serta motivasi bagi para peserta OJT. Andy menegaskan bahwa setiap pegawai DJKN Kemenkeu harus memiliki soft competency yang harus terus dikembangkan, yaitu integrity, stakeholder focus dan continues improvement.

Diawali OJT pada bulan Februari, Seksi Penilaian memaparkan kegiatan dan teknis pelaksanaan pekerjaan yang berhubungan penilaian tanah, bangunan dan barang. Kepala Seksi pelayanan Penilaian Mutoharul Janan menjelaskan bagaimana nilai itu bisa terbentuk, apa saja data yang diperlukan untuk melakukan penilaian dan bagaimana cara penilaian itu dilakukan.

Di minggu berikutnya Kepala Seksi Piutang Negara, Ira, memberikan pemaparan  terkait pengurusan dan penghapusan piutang negara. Selama pemaparan berlangsung para peserta sharing session antusias dan aktif berpartisipasi. Selanjutnya Kepala Seksi Kepatuhan Internal (KI), Lukman Hakim, menjelaskan bahwa KI memiliki tugas pokok yaitu  pemantauan pengendalian internal, pengelolaan risiko, pengelolaan kinerja, pemantaun kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, tindak lanjut hasil pengawasan, perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis. Ia juga menyebutkan bahwa Kementerian Keuangan menerapkan konsep Three Lines of Defense (Pertahanan 3 Lapis) dalam proses bisnisnya. Lukman juga berpesan pada peserta OJT untuk mengenali jenis gratifikasi dan memahami peraturan terkait Kepatuhan Internal.

Kepala Seksi Pengelola Kekayaan Negara, Priambodo menjelaskan bahwa DJKN sebagai unit kerja vertikal Kemenkeu memiliki fungsi sebagai pengelola BMN, namun sebagai satuan kerja (satker) Kemenkeu merupakan pengguna BMN. Sebagai pengelola, PKN memiliki tugas reguler yang bersifat rutin & kontinyu meliputi penggunaan & pemeliharaan, pembinaan, pengawasan & pengendalian (wasdal) serta penatausahaan BMN. Selain itu bidang PKN juga memiliki tugas sebagai Pengelola Barang Milik Negara yang terkait pemanfaatan (sewa, pinjam pakai), penjualan, hibah dan tukar menukar BMN.

Kepala Seksi Lelang Pujo Ismiyono menjelaskan bahwa lelang adalah penjualan barang yang terbuka untuk umum dengan penawaran harga tertulis/lisan yang semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi yang didahului oleh pengumuman. Pujo menjelaskan guna mewujudkan lelang yang efisien, kompetitif, transparan dan adil dengan harga/nilai limit yang optimal maka setiap Kantor Pelayanan harus meningkatkan aktifitas lelang melalui e-Auction di website resmi www.lelang.go.id.

Kepala Sub Bagian Umum, Yenny, menjelaskan bagian umum terdiri dari bagian kepegawaian, tata usaha dan rumah tangga (TU/RT) serta keuangan. Bagian umum mengurus segala hal terkait kepegawaian (cuti, izin, gaji), perencanaan dan rekonsiliasi keuangan, arsip dan pengadaan inventaris. Yenny juga mengajak para peserta OJT untuk melihat langsung ruang arsip yang berada di Lantai 3, dia menjelaskan bahwa saat ini bagian umum sedang fokus pada retensi arsip dari masing-masing bidang teknis di KPKNL Jakarta I.

Seksi berikutnya adalah Hukum dan Informasi, dimana  Kepala  Seksi Hukum dan Informasi  Aziza Yuniarti memberikan penjelasan mengenai tugas yang diemban di Seksi Hukum dan Informasi. Tiga pekerjaan utama di seksi ini adalah beracara di pengadilan, kehumasan dan teknologi informasi. Mengingat sekarang banyak digunakan aplikasi yang menunjang tugas maka diharapkan semua pegawai bisa menambah pengetahuan dengan mempelajari aplikasi yang sudah dibuat dan dipergunakan dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari. Setelah adanya kegiatan sharing session ini para pegawai OJT menyatakan senang bisa menambah ilmu dan mengetahui bahwa pekerjaan di KPKNL sangat bervariasi sehingga diperlukan kegiatan seperti ini sebagai gambaran untuk memasuki dunia kerja di DJKN.(SieHumas-JackOne)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini