Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penggalian Potensi Piutang Negara pada KPPU
Sena Mahesa Wicaksana
Senin, 06 Agustus 2018   |   259 kali

Selasa s.d. Rabu 31 Juli – 01 Agustus 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I mengunjungi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang berlokasi di Jalan Ir. Haji Juanda No.36, Kebon Kelapa, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kunjungan dilakukan dalam rangka rapat koordinasi terkait pengelolaan piutang negara yang diserahkan KPPU kepada KPKNL Jakarta I serta rekonsiliasi data pembayaran piutang negara dan biad PUPN. Selain agenda di atas, dalam rapat tersebut juga dibahas upaya penggalian potensi piutang negara sebagai bagian dari pengelolaan pengurusan piutang negara pada Kementerian/Lembaga secara optimal.

Dalam rapat koordinasi tersebut KPKNL Jakarta I diwakili oleh dua orang staf seksi piutang negara KPKNL Jakarta I, Waode Ernawati Ajasma dan Kristinawati dan kepala seksi hukum dan informasi, Aziza Yuniati, beserta staf, Sena Mahesa Wicaksana dan Zahrina Ratnasari. Pada saat kegiatan pegawai KPKNL Jakarta I diterima oleh Bagian Kesejahteraan Pegawai, Utami Pujiastuti, Bagian Akuntansi dan Keuangan, Lelyana Mayasari, Ketua Tim Investigasi Sistem Pengendalian Intern, Siswanto, dan Bagian Rencana Keuangan dan Akuntansi, Irene Erika.

Dalam sesi rapat Waode menyampaikan progres penagihan debitur KPPU yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Jakarta I. Pihak KPPU menyampaikan apresiasinya atas upaya yang telah dilakukan oleh KPKNL Jakarta I. Selain itu, KPPU juga menyampaikan informasi-informasi terkait alamat debitur terbaru dan kondisi debitur terkini. Selanjutnya, dilakukan rekonsiliasi data pembayaran piutang negara dan biad PUPN antara KPKNL Jakarta I dengan KPPU sehubungan dengan pelunasan kewajiban oleh beberapa debitur KPPU.

Pada akhir rapat KPPU menyampaikan wacana pembentukan tim gabungan antara KPPU dengan KPKNL Jakarta I untuk melakukan penelitian lapangan guna mengumpulkan informasi terkini atas debitur yang progres pembayarannya belum ada kemajuan maupun debitur yang belum diketahui keberadaannya. Waode menyampaikan usulan tersebut akan disampaikan terlebih dahulu kepada kepala kantor dan kepala seksi piutang negara untuk dibahas secara internal kesiapannya mengingat saat ini sebagian besar sumber daya KPKNL Jakarta I difokuskan untuk menyelesaikan kegiatan revaluasi. (Teks dan foto: Sena Mahesa Wicaksana)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini