Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pemusnahan Security Paper Untuk Pengamanan Lelang
Ozon Rizka Rizaludin
Jum'at, 18 Mei 2018   |   1200 kali

Jakarta – Pada Selasa (15/5) di ruang Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I dilakukan pemusnahan security  paper yang tidak terpakai karena kesalahan pengetikan maupun pencetakan milik KPKNL Jakarta I. Jumlah security paper yang dimusnahkan sebanyak 31 lembar.

Pemusnahan dilakukan langsung oleh Kepala KPKNL Jakarta I Andy Pardede dan disaksikan  Kepala Seksi Bimbingan Lelang I Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN)  DKI Jakarta Ujang Ramli Indradi, Kepala Seksi Bimbingan Lelang II Kanwil DJKN  DKI Jakarta Open Sinaga, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta I Pujo Ismiyono beserta staf bidang lelang Kanwil DJKN DKI Jakarta dan staf seksi lelang KPKNL Jakarta I.

Pemusnahan ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor PER-2/KN/2012 yang menyebutkan apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan dan/atau pencetakan kutipan risalah lelang pada kertas sekuriti yang menyebabkan security paper tidak jadi digunakan untuk kutipan risalah lelang, maka security paper tersebut disimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk kemudian dimusnahkan/dihancurkan pada masing-masing KPKNL. Pemusnahan disaksikan oleh perwakilan Kanwil dan dibuatkan Berita Acara Pemusnahan/Penghancuran Kertas Sekuriti sekaligus sebagai antisipasi penyalahgunaan.

Security paper adalah kertas khusus yang dalam proses produksinya ditambahkan fitur-fitur pengaman untuk menghindari tindakan pemalsuan. Fitur-fitur ini sangat sulit untuk digandakan namun mudah dikenali, baik secara langsung (kasat mata) maupun peralatan khusus. Fitur keamanan pada security paper risalah lelang menjadi lebih baik karena dibuat dengan kertas khusus dan memiliki ciri tersendiri serta dilengkapi nomor seri guna mencegah penyalahgunaan dan pemalsuan risalah lelang  sehingga dapat menciptakan rasa aman bagi pembeli lelang.

Pemusnahan security  paper dilakukan dengan mesin penghancur kertas. Setelah itu dibuat Berita Acara Pemusnahan security  paper yang ditandatangani oleh perwakilan dari Kanwil DJKN DKI Jakarta dan perwakilan dari KPKNL Jakarta I.

Diharapkan pemusnahan ini merupakan langkah untuk melindungi pemenang lelang dengan memastikan bahwa pengelolaan security paper telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. (Foto/Teks : Sie HI/Ozon)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini