Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang di Galeri Nasional Menyambut 110 Tahun Lelang di Indonesia
Aziza Yuniarti
Senin, 05 Maret 2018   |   286 kali

Jakarta - Memperingati 110 tahun lelang Indonesia, Direktorat Jenderal Kekayaaan Negara (DJKN) bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta (KPKNL) Jakarta I menyelenggarakan Lelang Sukarela sejumlah koleksi pribadi milik beberapa pejabat Negara. Acara yang mengusung tema 'Modernisasi Lelang untuk Jual Beli yang Lebih Handal dan Tepercaya'  berlangsung hari Rabu (28/2) di Galeri Nasional Jakarta Pusat.

Lelang Sukarela ini menjual koleksi pribadi Wakil Presiden RI M.Jusuf Kalla dan Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla serta koleksi pribadi milik beberapa Menteri Kabinet Kerja 2014-2019, yakni milik Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri, Retno Lestari, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, Menteri Perhubungan, Budi Karya, dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek.

Selain koleksi pribadi milik Wapres dan beberapa Menteri, ada juga koleksi pribadi milik para pejabat eselon I Kementerian Keuangan, yakni Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata, Dirjen Pajak Robert Pakpahan, Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi, Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono, Dirjen Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh W., dan Dirjen PPR Luky Alfirman. Terdapat juga koleksi pribadi Direktur Lelang Lukman Effendi, Dirut PT. BNI (Persero) Tbk. Achmad Baiquni, Dirut PT. BRI Tbk. Suprajarto.

Lelang dilaksanakan  secara konvensional dengan kehadiran peserta lelang dan Lelang tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet (e-Auction). Khusus pada Lelang konvensional dengan pejabat lelang Nieken Arum Kartika dan dipandu oleh Lydia Fransisca Turnip. Lelang tanpa kehadiran peserta dipimpin oleh pejabat lelang Hendy Kurniawan. Dari 40 lot barang yang ditawarkan, seluruh lot barang terjual dengan nilai total mencapai Rp164 juta. Keseluruhan hasil lelang ditambah 2% Bea Lelang Pembeli yang disetor ke Kas Negara. Sementara untuk Lelang melalui e-Auction, dari 15 lot barang yang ditawarkan, seluruh lot barang terjual dengan nilai total Rp36 juta lebih.

Hasil lelang sukarela ini akan disalurkan untuk kegiatan sosial yaitu disumbangkan ke pendidikan untuk membantu sekolah-sekolah yang rusak melalui yayasan penguatan partisipasi,inisiatif, dan Kemitraan Masyarakat Indonesia (YAPPIKA) Action aid dengan figur dutanya Reza Rahardian. Ada sekitar 200.000 sekolah rusak di tahun 2016 yang menjadi dasar YAPPIKA untuk terus bergerak membantu penyegaran sekolah. Selama ini, YAPPIKA sudah menerima dana dari masyarakat, perusahaan, dan program lainnya.

Diharapkan dengan adanya lelang sukarela ini akan semakin memasyarakatkan lelang sebagai sarana jual beli yang handal dan terpercaya. (Teks/foto : Aziza Yuniarti/Aska)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini