Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Kilas Peristiwa
Ikuti UNG EXPO 2022, KPKNL Gorontalo Perkenalkan Lelang Produk UMKM
Yus Iriyanto Ilahude
Kamis, 08 September 2022   |   143 kali

Gorontalo – KPKNL Gorontalo bersama unit kerja vertikal Kementerian Keuangan lainnya di wilayah Provinsi Gorontalo ikut menyemarakkan pameran UMKM “Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Expo Tahun 2022” dengan membuka stand/booth bertempat Lapangan Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UNG yang digelar selama 3 hari pada tanggal 05 s.d. 07 September 2022.

Keikutsertaan KPKNL Gorontalo dalam kegiatan ini dalam rangka mendukung program sinergi pemberdayaan UMKM Kementerian Keuangan “Satu Negeri” yang menjadi salah satu inisiatif strategis Kementerian Keuangan Tahun 2022. Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antar unit Kementerian Keuangan di wilayah Provinsi Gorontalo dalam mewujudkan Kemenkeu Satu.

UNG Expo sendiri merupakan bagian dari acara Dies Natalis Universitas Negeri Gorontalo ke-59.  Kegiatannya berupa bazaar, talkshow, serta pameran produk wirausaha mahasiswa maupun umum dan UMKM di wilayah Provinsi Gorontalo. Dengan demikian, acara tersebut menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan program-program Kementerian Keuangan dalam mendukung pengembangan UMKM kepada para pengunjung yang terdiri dari mahasiswa, wirausahawan, pelaku UMKM, maupun masyarakat umum.

Untuk menarik minat pengunjung, pada hari kedua pameran KPKNL Gorontalo menggelar simulasi lelang. Barang-barang yang dilelang berupa kain karawo, earphone wireless, panci elektrik, tumbler dan lain-lain dengan harga limit mulai dari sepuluh ribu rupiah. Simulasi lelang ini mendapat antusias yang tinggi dari para pengunjung karena semua barang laku terjual jauh diatas limit. Namun, sebagai bentuk terima kasih dan kejutan kepada para pemenang, mereka cukup membayar seharga nilai limit barang.

“Simulasi lelang ini bertujuan untuk mengenalkan salah satu produk KPKNL Gorontalo dalam mendukung UMKM, yaitu dengan cara menjual produk UMKM melalui portal lelang.go.id. Selain jangkauan pemasarannya lebih luas karena menjangkau seluruh wilayah Indonesia, khusus untuk UMKM dikenakan bea lelang penjual nol persen,” jelas Rachman Sucipto, Pelelang Ahli Muda seuasai acara simulasi lelang.

Para pengunjung juga bisa memperoleh informasi lain terkait layanan UMKM di booth Kemenkeu yaitu info permodalan UMKM (KUR, UMi) dan Pemasaran Online (Digipay) yag merupakan layanan dari Kanwil DJPb Gorontalo, Bimbingan Pajak UMKM oleh KPP Gorontalo, dan Bimbingan Layanan Ekspor Produk UMKM oleh KPPBC Tipe Madya Pabean C Gorontalo.

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini