Gorontalo – Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo memberikan penghargaan kepada pengguna layanan KPKNL Gorontalo dalam acara Anugerah Pengelolaan Kekayaan Negara dan Lelang Gorontalo 2021 yang diselenggarakan di aula KPKNL Gorontalo pada Senin (21/03). Kegiatan bertajuk “Bersama Kelola Kekayaan Negara, Pondasi Masa Depan Bangsa” ini diselenggarakan secara hybrid (daring dan luring) dimana terdapat 10 kategori penghargaan yang diberikan kepada pengguna layanan dari lelang, pengelolaan kekayaan negara dan piutang negara.
“Keseluruhan
capaian pada bidang pengelolaan kekayaan negara, piutang negara
dan lelang tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya komitmen yang kuat untuk
senantiasa memberikan kinerja terbaiknya, menjaga kolaborasi dan sinergi KPKNL
Gorontalo dengan seluruh pengguna layanan antara lain Kementerian
Lembaga, Perbankan, Pegadaian,
BUMN dan lain-lain yang berada di Provinsi Gorontalo, ” ujar
Kepala KPKNL Gorontalo Diana Setiastanti dalam keynote speech-nya.
Diana
juga menyampaikan bahwa kinerja KPKNL Gorontalo pada tahun 2021 dapat tercapai
bahkan meningkat dari tahun sebelumnya walaupun dalam kondisi perekonomian yang
belum pulih akibat pandemi Covid-19. Pemberian penghargaan tersebut diharapkan dapat
menjadi motivasi bagi para pengguna layanan KPKNL Gorontalo agar secara
bersama-sama dan bahu membahu mengambil peran dalam Pemulihan
Ekonomi
Nasional di tahun 2022 ini dengan cara terus mengoptimalisasi Pengelolaan BMN,
Piutang Negara dan Lelang sejalan dengan semangat "Recover
Together, Recover Stronger" yang merupakan tema G20 tahun 2022 ini.
Pengguna
layanan yang memperoleh penghargaan dalam Anugerah Pengelolaan Kekayaan Negara
dan Lelang Gorontalo 2021 nominasi pengguna layanan lelang antara lain PT. Bank
Mandiri (Persero) Tbk. RRCR X/Sulawesi dan Maluku sebagai Pengguna
Layanan Lelang Paling Produktif, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Kantor Cabang Gorontalo sebagai Pengguna Layanan Lelang Paling Suportif, PT.
Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Limboto sebagai Pengguna
Layanan Lelang Kategori Khusus Persentase Produktivitas Tertinggi, PT.
Permodalan Nasional Madani Cabang Manado sebagai Pengguna Layanan Lelang
Kategori Khusus Persentase Kenaikan Pokok Lelang Tertinggi, serta PT. Pegadaian
Area Gorontalo sebagai Mitra Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lelang
terhadap Realisasi Pokok Lelang Pegadaian dan Bea Lelang Pegadaian Tertinggi
dalam Kurun Waktu 3 tahun terakhir.
Pemenang
nominasi pengguna layanan pengelolaan kekayaan negara antara lain Universitas
Negeri Gorontalo sebagai Pengelola BMN Terbaik Berdasarkan Penerimaan Negara
dari Pengelolaan BMN, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXI
Provinsi Gorontalo sebagai Pengelola BMN Terbaik Berdasarkan Tindak Lanjut
Pengelolaan Aset, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Gorontalo
sebagai Pengelola BMN Terbaik berdasarkan Sertifikasi Tanah BMN serta apresiasi
kepada Kepolisian Daerah Gorontalo Kinerja Luar Biasanya dalam Pengelolaan BMN.
Pada pengguna layanan piutang negara, BPJS Ketenagakerjaan Cabang
Gorontalo memperoleh penghargaan sebagai Penyerah Piutang Terbaik Berdasarkan
Pengurusan Piutang.
“Perubahan-perubahan positif yang terjadi pada DJKN dan KPKNL Gorontalo pada khususnya, tidak terlepas dari sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin dengan sangat baik antara KPKNL Gorontalo dengan seluruh pengguna layanan di wilayah kerja KPKNL Gorontalo. Berkat Sinergi dan Kolaborasi yang terjalin dengan baik tersebut, KPKNL Gorontalo dapat mencapai target-target di bidang Pengelolaan Kekayaan Negara, Piutang Negara dan Lelang.
Kegiatan pada pagi ini diharapkan sebagai media refleksi sekaligus penyampaian
penghargaan kepada seluruh pengguna layanan yang selama ini telah berperan
aktif dalam penyelenggaraan tugas dan fungsinya sebagai pengelola aset negara
yang luar biasa, ” ujar Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut,
Arif Bintarto Yuwono dalam sambutannya.
Arif juga menyampaikan bahwa KPKNL Gorontalo sedang bekerja keras dan berusaha sebaik mungkin untuk melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang selaras dengan tujuan serta cita-cita Kementerian Keuangan dalam pembangunan zona integritas menuju WBBM. (mif/mt)