Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
BAKUMPUL, KONTRIBUSI KPKNL GORONTALO DUKUNG PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL
Muhammad Iqbaal Fadhilah
Senin, 19 Oktober 2020   |   173 kali

Gorontalo, 15 Oktober 2020, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara  (Kanwil DJKN Suluttenggomalut), A.Y Dhaniarto didampingi Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo, Diana Setiastanti meresmikan Kompleks kantin yang dinamakan “BAKUMPUL” di halaman KPKNL Gorontalo. Peresmian tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Webinar “Relaksasi Pemanfaatan BMN, Perannya dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)” dengan  mengundang perwakilan unit vertikal Kementerian Keuangan yang berada di Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara.

Kepala KPKNL Gorotntalo menjelaskan bahwa “BAKUMPUL” merupakan singkatan dari Bersama Kita Upayakan Majunya Penerimaan Usaha Lokal. Kompleks kantin merupakan salah satu bentuk komitmen nyata dalam mendukung program PEN yang digaungkan oleh pemerintah. Selain itu, Kompleks Kantin juga diikutkan dalam Kompetisi Inovasi (KOIN) Assets Manager 2020 yang diadakan oleh DJKN.

“Kreativitas sangat diperlukan dalam upaya untuk mendukung Program PEN di era Pandemi Covid-19. Ide pemanfaatan sebagian lahan pada KPKNL Gorontalo merupakan optimalisasi Barang Milik Negara (BMN) melalui skema sewa BMN untuk kantin dengan harga yang terjangkau, melibatkan masyarakat dalam mengembangkan produk makanan/minuman, dan mampu memenuhi kebutuhan segmentasi pasar konsumen pegawai dan atau mahasiswa. Upaya optimalisasi BMN seperti ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam upaya mendukung program PEN sekaligus meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak.” ujar A.Y. Dhaniarto dalam sambutan peresmian.

BAKUMPUL juga memberikan ruang bagi Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro yang ingin menitipkan barang dagangannya tanpa dipungut uang sewa untuk membantu menggerakkan ekonomi lokal yang mendukung program PENujar Diana saat menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan.

Tenaga Pengkaji Optimalisasi Kekayaan Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Tugas Agus Priyo Waluyo yang menjadi Keynote Speaker  berharap agar para peserta webinar dapat mengoptimalkan aset-aset yang ada dan berkontribusi bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. “Semoga Bapak/Ibu mendapat pencerahan tentang alur pemanfaatan BMN yang produktif dan implementatif, sekaligus memperoleh motivasi yang baik dari langkah kecil peresmian KOIN KPKNL Gorontalo dimaksud, sehingga Bapak/Ibu tergerak ikut bersama-sama menggalakkan pemanfaatan BMN, dimulai pada satuan kerja Bapak/Ibu sekalian,” harap Tugas Agus.

Materi Webinar disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Utilisasi dan Optimalisasi BMN I Biro Manajemen BMN dan Pengadaan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Achmad Suhaemi dan dilanjutkan oleh pemateri kedua yaitu Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Gorontalo, Fatih Ghozali serta dimoderasi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil Sulutenggomalut, Taufiq Istianto.

“Strategi Optimalisasi BMN adalah bukan hanya mengoptimalkan BMN yang digunakan untuk tugas dan fungsi pemerintahan (Kementeraian/Lembaga) namun juga mengoptimalkan BMN yang tidak digunakan untuk tugas dan fungsi pemerintahan dalam bentuk pemanfataan BMN, pemindahtanganan BMN, diserahkan ke pengelola barang (mekanisme BMN idle),” jelas Achmad Suhaemi dalam paparannya.

Selanjutnya Fatih Ghozali menyampaikan tentang bentuk-bentuk relaksasi pemanfaatan BMN terkait Sewa dan Pinjam Pakai. "Relaksasinya antara lain penyesuaian tarif, tambahan jangka waktu sewa, serta simplikasi pinjam pakai dalam kondisi tertentu dimana Pengguna Barang/Pengelola Barang dapat menyerahkan objek pinjam pakai kepada Pemerintah Daerah/Pemerintah Desa mendahului penetapan/persetujuan, " penjelasan Fatih Ghozali. (mif/mt)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini