Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
NEW MINDSET, NEW RESULT
Muhammad Iqbaal Fadhilah
Selasa, 25 Februari 2020   |   247 kali

Gorontalo, 24/02/2020  KPKNL Gorontalo mengadakan In House Training Service Excellence bersama Bank Mandiri Gorontalo dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan serta kapabilitias pegawai. Tidak hanya seluruh pegawai KPKNL Gorontalo yang mengikuti pelatihan ini, bahkan petugas keamanan dan petugas kebersihan juga ambil bagian dalam kegiatan yang  bertempat di Aula KPKNL Gorontalo.

KPKNL Gorontalo menilai bahwa service yang diberikan Bank Mandiri kepada para nasabahnya sangat bagus. Walaupun pelayanan kantor pemerintah dan BUMN berbeda namun Bank Mandiri patut dijadikan role model pelayanan KPKNL ke depannya. Hal ini disampaikan oleh Kepala KPKNL Gorontalo, Diana Setiastanti dalam sambutannya membuka kegiatan pelatihan ini. Diana mengharapkan melalui kegiatan ini para pegawai dapat belajar dan menerapkan standar pelayanan yang baik kepada para pengguna layanan KPKNL. “Saya harap dengan materi yang dipaparkan, kita semua bisa menyerap ilmunya dan bisa diimplementasikan di KPKNL. Ubah mindset Kantor Pemerintahan pelayanan lebih maju”, ujarnya.

Branch Sales Manager Bank Mandiri Cabang Gorontalo, Maria Politton Bank Mandiri mewakili KCP Bank Mandiri Cabang Gorontalo menyampaikan apresiasinya kepada KPKNL Gorontalo dan mengharapkan semoga materi yang disampaikan dapat bermanfaat dan dapat diterapkan pada KPKNL. “intinya adalah satu,  agar pelayanan lebih baik lagi, dan untuk customer tidak hanya pelayanan biasa saja tapi diatas ekspetasi”, tuturnya.

Service Excellence itu adalah tugas semua orang dari lini bawah sampai dengan atas. Menurut Service Quality Officer Bank Mandiri Cabang Manado, Yuana Deasy Pelealu, Customer mengharapkan lebih dari sekedar service atau produk  yang ditawarkan. Fasilitas yang bersih dan nyaman, dan terlebih mereka menginginkan diperlakukan dengan baik. Lebih lanjut Deasy menyampaikan tujuan dalam pelatihan hari ini,yaitu:

  1. Pelayanan yang baik

            Pelayanan yang baik itu adalah ketika memberikan lebih dari yang diharapkan oleh pelanggan.

      2.    Komunikasi yang efektif

  • Sebagai pemberi layanan sangatlah penting untuk menghormati pengguna layanan dan menggunakan kalimat yang postif selama percakapan. Intonasi, bahasa    tubuh yang baik, jarak bicara, sikap tubuh yang baik sangat diperlukan di dalam memberikan pelayanan.

       3.    Pentingnya penampilan

  • Citra Diri mewakili Citra korporasi. Penampilan yang baik (pakaian dan tubuh yang rapi serta bersih) akan memperlihatkan profesionalisme, kredibilitas dan budaya korporasi.

       4.    Cara Menangani komplain

  • Sangat penting untuk mendengarkan dan memberi perhatian, kemudian memohon maaf atas ketidaknyamanan dan menunjukkan empati. Selanjutnya harus dapat menyelesaikan masalah dan jangan lupa mengucapkan terima kasih.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan Role Play bagaimana menangani komplain dengan dibantu oleh beberapa peserta yang mempraktikkan cara menangani komplain. Narasumber memperagakan pelayanan yang diawali dengan sikap ramah melalui senyum, salam dan sapa, mendengarkan, memberikan solusi, mengucapkan terima kasih, serta mengakhiri layanan dengan ucapan ada lagi yang bisa kami bantu. Praktik dalam role play ini diharapkan dapat diimplementasikan secara baik dalam pelayanan yang sesungguhnya.

Kegiatan In House Training ini diharapkan dapat merubah mindset para pegawai KPKNL Gorontalo dalam memperbaiki layanan yang diberikan mulai hari ini dan ke depannya.(mif/mt)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini