Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SOSIALISASI PERMOHONAN LELANG ONLINE HAK TANGGUNGAN
Marlyn Tupamahu
Jum'at, 20 Desember 2019   |   193 kali


Gorontalo, 19 Desember 2019. KPKNL Gorontalo mengadakan Sosialisasi Permohonan Lelang Online Hak Tanggungan bertempat di aula KPKNL Gorontalo dihadiri oleh pihak perbankan di wilayah Gorontalo, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Suluttenggomalut.

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, A.Yanis Dhaniarto dengan memberikan apresiasi kepada rekan-rekan perbankan yang telah mendukung dan bekerja sama selama ini serta sinergi yang selama ini terjalin berjalan dengan baik, dengan harapan di tahun 2020 akan semakin baik lagi. Dalam sambutannya, Yanis begitu beliau disapa menyampaikan latar belakang lelang eksekusi Hak Tanggungan yang seiring perkembangan zaman metodenya pun sudah berubah. “Lelang sekarang sudah pakai internet, lelang.go.id. Tahapan yang biasa pembeli lelang lewat internet, sekarang ada satu langkah lebih maju lagi yaitu permohonan lelang lewat internet" ujar Yanis. Lelang online/internet ada banyak manfaatnya antara lain, memperluas marketing, harga yang optimal, dan lebih efisien. "banyak hal positif yang kita peroleh dari lelang internet/online, kami mohon masukan apabila ada kendala karena ini baru pilot project. kalo ada yang kurang agar disampaikan kepada kami untuk dapat memperbaiki diri" ujarnya saat menutup sambutan.

Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Neil Prayoga menjelaskan bahwa dengan permohonan lelang secara online maka permohonan lelang dapat dilakukan secara efektif dan efisien serta dapat memberi kepastian jadwal pelaksanaan lelang bagi permohonan yang dinyatakan memenuhi persyaratan. Pemohon lelang dapat memantau sejauh mana tahap penyelesaian permohonannya sebelum dokumen fisik dikirim ke KPKNL. “Sistem ini juga akan membantu pihak perbankan khususnya yang dari luar kota Gorontalo seperti Kab. Pohuwato sehingga pengiriman berkas dapat lebih efisien” jelas Neil. Di sisi lain bagi Pejabat Lelang, sistem ini sangat membantu khususnya pada backoffice sehingga pelayanan yang diberikan dapat lebih prima dan optimal.

Pada sesi terakhir, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Gorontalo, Rachman Sucipto memberikan tutorial penggunaan permohonan lelang online tersebut. Mulai dari pendaftaran akun, menu, input permohonan, hingga unggah dokumen. Pihak perbankan juga harus memberikan surat penunjukan kepada PIC sebagai administrator sehingga dapat didaftarkan sebagai pemilik akun. Pria yang biasa disapa Ucip ini menjelaskan bahwa sistem permohonan lelang online ini baru mengakomodir 3 (tiga) jenis lelang yakni lelang non eksekusi wajib BMN, lelang eksekusi wajib hak tanggungan dan lelang non eksekusi sukarela. “saya berharap rekan-rekan perbankan memiliki akun lelang.go.id sebagai media pemasaran kepada masyarakat’ pungkas Ucip. 


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini