Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tingkatkan pemahaman tentang gendre KPKNL Gorontalo adakan sosialisasi
Nyipto Raharjo
Kamis, 16 Agustus 2018   |   273 kali


Gorontalo, - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Gorontalo kembali mengadakan Sosialisasi Pengarusutamaan Gendre (PUG), dengan nara sumber Asriyanti Nadjamuddin staf pengajar IAIN Gorontalo sekaligus Ketua “Salam Puan (Sahabat Anak, Keluarga, dan Perempuan).

kegiatan yang dilaksanaakan di Aula KPKNLGorontalo pada hari Rabu tanggal 15 Agustus 2018 dibuka oleh Kepala KPKNL Gorontalo dan diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Gorontalo. Sosialisasi ini dilaksanakan agar para pegawai lebih memahami berbagai isu dalam PUG karena merupakan hal yang sangat penting agar penerapan PUG dapat berjalan dengan baik.

Dalam paparannya Asri panggilan Asriyanti menjelaskan tentang konsep gendre dengan memaparkan perbedaan pengertian tentang gendre dan jenis kelamin  “gendre sering kali disalah artikan sebagai kaum perempuan padahal gender merupakan perbedaan peran dan tanggung jawab perempuan dan laki-laki yang dibentuk/dikonstruksikan oleh masyarakat dan bersifat dinamis”.

Asri juga menyampaikan bahwa sebagai kantor yang pernah mewakili lomba PUG tingkat kementerian KPKNL Gorontalo telah memiliki sarana dan prasarana yang responsif gender. Walaupun pegawai KPKNL Gorontalo hampir semuanya laki-laki.

Dalam pelayanan yang responsif gender tidak hanya fasilitas fisik yang responsif gender, akan tetapi diperlukan pula kebijakan responsif gender dan pemahaman tentang PUG. Sosialisasi ini berjalan sangat dinamis dengan banyaknya pertanyaan kritis dari peserta.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan transfer knowledge hasil kegiatan Internalisasi KI yang disampaikan oleh Luhur Susatyo selaku kepala Seksi KI KPKNL Gorontalo, yang membahas tentang pelaksanaan pemantauan dan penerapan batas waktu pelaksanaan Standard Operating Prosedur dalam aplikasi smart DJKN, dan sosialisasi dari Panitia kegiatan Kemenkeu Mengajar. (Tim HI KPKNL Gorontalo)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini