Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Penjual Senang Pembeli Puas
N/a
Senin, 24 Agustus 2015   |   656 kali

Siak Sri Indrapura – Kamis, 20 Agustus 2015, Pemerintah Daerah Kabupaten Siak melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai mengadakan pelelangan Barang Milik Daerah. Pelelangan dipimpin oleh Pejabat Lelang Arbita Zaini dan dipandu oleh Andy Gustaf Hutabarat yang bertugas sebagai afslager. Lelang dimulai pada pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Komplek Perkantoran Tanjung Agung Siak Sri Indrapura. Barang-barang yang dilelang berupa kendaraan roda empat berjumlah 21 unit dan kendaraan roda dua berjumlah 9 unit.

Sebelum pelelangan dimulai, tim lelang KPKNL Dumai dibantu oleh panitia lelang dari Pemerintah Daerah Kabupaten Siak melakukan proses registrasi peserta lelang. Terdapat 31 orang peserta yang telah menyetorkan uang jaminan untuk mengikuti lelang ini. Peserta lelang yang hadir rata-rata menunjukkan minat yang tinggi terhadap lebih dari satu kendaraan yang dilelang. Hal ini dapat terlihat dari jumlah setoran uang jaminan lelang yang mencapai angka 1 miliar rupiah sedangkan total uang jaminan lelang yang telah ditentukan untuk 30 barang yang dilelang berjumlah Rp 318.900.000,00.

Acara dibuka oleh Iwan Andrenika Rizani, Kepala Bidang Aset Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Siak. Kemudian Pejabat Lelang Arbita Zaini membacakan kepala risalah lelang serta menjawab beberapa pertanyaan dari para peserta lelang. Selanjutnya proses penawaran yang dipandu oleh Andy Gustaf Hutabarat dilakukan dengan metode lisan dengan harga semakin meningkat.

Untuk kendaraan roda empat, dari total 21 unit yang ditawarkan, laku terjual sebanyak 15 unit. Sedangkan kendaraan roda dua, dari 9 unit yang ditawarkan, laku terjual sebanyak 8 unit. Kenaikan harga yang signifikan terjadi pada saat penawaran satu unit Toyota/Kijang Inova tahun 2006 yang mengalami kenaikan harga hampir 100% yaitu dari nilai limit Rp 57.470.000,00 terjual dengan harga Rp 101.000.000,00. Demikian juga untuk penawaran satu unit Toyota/Kijang KF 71 tahun 2002 yang mengalami kenaikan harga 27%. Selain itu, delapan unit kendaraan roda dua yang terjual mengalami kenaikan harga s.d. 650% dari nilai limit. Sedangkan untuk unit kendaraan lainnya, rata-rata terjual diatas harga limit dengan kenaikan harga yang cukup signifikan.

Acara pelelangan berjalan dengan meriah namun tetap tertib. Dari hasil lelang tersebut, pihak pejabat penjual dalam hal ini Pemkab Siak senang, Pejabat Lelang KPKNL Dumai juga senang dengan kenaikan Indeks Kinerja Utama (IKU) Pokok Lelang dan Bea Lelang. Pembeli lelang juga cukup puas dari barang yang mereka peroleh denagn harga yang cukup kompetitif.  (Penulis/Foto: Novaridz – KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini