Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Morning Call : Forum Diskusi dan Wadah informasi
Desy Agustin
Selasa, 20 September 2022   |   69 kali

Dumai – Berdasarkan Surat Keputusan Kepala KPKNL Dumai Nomor KEP-14/WKN.03/KNL.05/2022 tanggal 14 Januari 2022 tentang Penetapan Agen Perubahan (Change Agent) dan Program Perubahan pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Dumai Tahun 2022, Morning Call menjadi salah satu budaya kegiatan yang rutin dijadwalkan sebagai forum diskusi dan wadah informasi di KPKNL Dumai.

Rangkaian ide dan inovasi terkait pelaksanaan Morning Call di KPKNL Dumai telah banyak dievaluasi dan diterapkan, seperti waktu pelaksanaan Morning Call, variasi pelaksanaan secara online dan offline, hingga pembagian jadwal peserta morning call setiap minggunya.

Yel-yel, Motto, Komitmen, Tagline, Pembacaan Maklumat Pelayanan, Penyampaian Nilai-Nilai, Perilaku Utama, dan Program Budaya Kemenkeu, Penyampaian informasi positif menjadi pembuka kegiatan sebelum arahan pimpinan terkait perilaku dan kinerja disampaikan.

Kamis, 15 September 2022 pukul 07.45 WIB. Morning Call kembali dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting yang dihadiri oleh pimpinan dan pejabat/pegawai/PPNPN di lingkup KPKNL Dumai. Materi informasi positif yang disampaikan Dian Annisa, Pelaksana Seksi Piutang Negara KPKNL Dumai, terkait password yang mudah diretas kurang dari sedetik menjadi informasi yang menarik perhatian seluruh peserta. Dian menyampaikan bahwa belakangan ini, kebocoran data sedang marak terjadi. Kebocoran data bisa terjadi karena berbagai faktor diantaranya faktor teknologi di mana platform digital belum sepenuhnya mampu melakukan tata kelola data pribadi dengan baik atau bisa juga karena faktor sumber daya manusia di mana pemilik data sengaja memberi data pribadi kepada pihak lain secara sengaja atau rendahnya tingkat keamanan akun yang digunakan untuk aktifitas lain.

“Ada sekitar 20 password yang paling umum digunakan di Indonesia seperti, 1234,123321,sayang,dll. Bila ada akun online yang memiliki password tersebut dapat segera diganti untuk meminimalisir terjadinya peretasan sebagai tindakan preventif bagi kita,” jelas Dian.

Dian juga menjelaskan beberapa hal mendasar yang dapat dilakukan sebagai pencegahan yakni membuat password dengan kombinasi unik dan kompleks; mengganti password secara berkala; hindari menggunakan password yang sama untuk berbagai akun; dan gunakan password manager untuk menyimpan semua username dan password serta menghasilkan password baru yang kuat bila sewaktu-waktu kita harus menggantinya. 

Kepala KPKNL Dumai, Muh. Hasbi Hanis mengingatkan kembali dalam arahannya bahwa agenda terdekat KPKNL Dumai saat ini adalah terkait pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. “Morning call merupakan salah satu kegiatan rutin yang kita laksanakan dalam rangka WBBM sebagai sarana untuk penyampaian informasi dan meningkatkan semangat. Sekarang ini adalah detik-detik terakhir yang sangat krusial bagi kita untuk bisa meraih WBBM. Maka kita harus tetap menjaga semangat dan kinerja untuk meraih WBBM”, tutur Hasbi.

Hasbi yang sedang menjalankan perjalanan dinas dalam rangka menghadiri rapat kerja bersama BRI wilayah Riau dan Kepulauan Riau di Batam ini, mengungkapkan bahwa ia siap untuk mensupport kegiatan lelang di BRI dan mendengarkan masukan-masukan layanan lelang dari BRI untuk perbaikan layanan KPKNL Dumai ke depannya. “Event event seperti ini sangat berharga bagi kita karena bisa bertemu secara langsung dengan para stakeholder,tutup Hasbi di akhir pengarahannya.

Foto& Narasi : Seksi HI KPKNL Dumai

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini